Pendaftaran Bidikmisi Jalur Mandiri PTN-PTS 2018/2019

Bidikmisi Jalur Mandiri 2018 – PMB Jalur Bidikmisi, Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi, Jalur Seleksi Mandiri, Pendaftaran Bidikmisi Jalur Mandiri PTN-PTS, Info Pendaftaran Bidikmisi Jalur Ujian Seleksi Mandiri, Pendaftaran Bidikmisi Untuk Seleksi Mandiri, Pendaftaran Online Bidikmisi Jalur Mandiri, Pendaftaran Bidikmisi Jalur Mandiri Universitas. 2019. 2020.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Bidikmisi Jalur Mandiri PTN-PTS 2018/2019. Informasi ini sebagai informasi lanjutan dari informasi utama dari Pendaftaran Bidikmisi. Untuk mengetahui informasinya, mari ikuti ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara lokal oleh Perguruan Tinggi. Jalur mandiri dilaksanakan setelah jalur nasional ditutup. 

Jalur mandiri terbagi ke dalam beberapa jalur, diantaranya yaitu jalur mandiri undangan, jalur mandiri ujian tertulis, jalur mandiri kerjasama, dan lain sebagainya. Secara umum, jalur mandiri yang dibuka oleh Perguruan Tinggi adalah jalur mandiri ujian tertulis.

Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional seperti SNMPTN, SBMPTN, PMDK PN, SPAN PTKIN, atau UM-PTKIN, tetapi pada saat pengumuman kelulusan dinyatakan tidak lulus seleksi, maka anda dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur mandiri.

Calon peserta yang akan mendaftar jalur mandiri tentunya berasal dari berbagai status sosial, berbagai daerah, berbagai tingkat kemampuan dan lain-lain. Keberagaman itu tidak menjadi persoalan, siapa saja yang ingin mendaftar jalur mandiri dipersilahkan.

Calon peserta jalur mandiri yang berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke atas tidak akan mempermasalahkan besarnya biaya kuliah. Sedangkan calon peserta yang berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi rendah, maka besarnya biaya kuliah dapat menjadi permasalahan.

Agar calon peserta jalur mandiri yang berasal dari keluarga kurang mampu tetap memiliki motivasi yang kuat dan tidak terlalu memikirkan mahalnya biaya kuliah, maka calon peserta yang demikian itu perlu mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi.

Bidikmisi disalurkan melalui berbagai jalur, salah satunya disalurkan melalui jalur mandiri. Jadi, calon peserta jalur mandiri yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang ingin mendapatkan Bidikmisi dapat mendaftar Bidikmisi Jalur Mandiri.

Bidikmisi Jalur Mandiri dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hampir semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) membuka Bidikmisi Jalur Mandiri, sedangkan Bidikmisi Jalur Mandiri pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hanya dibuka oleh beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tertentu.

Bagi anda yang sebelumnya telah mendaftar Bidikmisi jalur SNMPTN, Bidikmisi jalur SBMPTN, atau Bidikmisi jalur PMDK PN, tetapi pada saat pengumuman anda dinyatakan tidak lulus seleksi, maka anda dapat mendaftar Bidikmisi jalur Mandiri PTN atau Bidikmisi jalur Mandiri PTS.

Untuk bisa mendaftar Bidikmisi jalur Mandiri PTN atau Bidikmisi jalur Mandiri PTS, maka terlebih dahulu anda harus bisa memenuhi persyaratan pendaftaran Bidikmisi dan juga persyaratan pendaftaran seleksi jalur mandiri yang telah ditentukan oleh PTN ataupun PTS. Berikut informasinya.

Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat yang akan lulus pada tahun ini
  2. Lulusan tahun kemaren yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi.
  3. Usia maksimal pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  4. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S-1 (Sarjana) atau Diploma 4.
  5. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah
  6. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  7. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
  8. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    1. PTN dengan pilihan seleksi masuk :
      • Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
      • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
      • Seleksi Mandiri PTN
    2. Politeknik, UT, dan ISI
    3. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

Setelah anda dapat memenuhi persyaratan pendaftaran Bidikmisi, selanjutnya anda juga harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran jalur mandiri PTN maupun PTS, berikut informasinya untuk anda`

Persyaratan Pendaftaran jalur mandiri PTN atau PTS

Anda yang akan mendaftar Bidikmisi jalur mandiri selain memenuhi persyaratan pendaftaran Bidikmisi maka harus memenuhi persyaratan pendaftaran jalur mandiri PTN ataupun PTS.

Persyaratan pendaftaran jalur mandiri PTN ataupun PTS tentunya berbeda-beda. Maka dari itu, admin menyarankan anda untuk langsung membuka website resmi masing-masing PTN atau PTS tujuan anda untuk mengetahui persyaratan pendaftaran seleksi jalur mandiri.

Setelah memenuhi persyaratan pendaftaran seperti yang telah anda baca di website resmi masing-masing PTN atau PTS tujuan anda, maka selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran jalur seleksi mandiri PTN maupun PTS.

Pendaftaran jalur seleksi mandiri juga dilakukan di masing-masing website resmi PTN atau PTS tujuan anda. Silahkan kunjungi kembali website resmi PTN atau PTS tujuan anda.

Setelah mendaftar, kemudian anda mengikuti ujian seleksi. Apabila anda dinyatakan lulus ujian seleksi jalur mandiri, maka anda memiliki peluang untuk mendapatkan Bidikmisi. Biasanya panitia akan melakukan survey ke rumah anda jika jarak tempuh ke rumah anda masih terjangkau.

Apabila nanti panitia menyatakan anda layak mendapatkan Bidikmisi, maka anda harus melakukan pendaftaran ulang dengan melengkapi berkas-berkas yang telah ditentukan. Lengkapi berkas-berkas tersebut dan lakukan pendaftaran ulang dengan tepat waktu. Berkas pendaftaran ulang Bidikmisi jalur mandiri dapat anda lihat langsung di website resmi masing-masing PTN atau PTS.
Demikianlah informasi dari admin yang dapat disampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Bidikmisi Jalur Mandiri. Semoga informasi yang telah disampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan bagi anda terutama yang akan mendaftar Bidikmisi jalur mandiri.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi jalur mandiri dan bisa mendapatkan Bidikmisi. Admin memberi saran bagi anda yang mendapatkan bidikmisi : gunakanlah biaya bantuan bidikmisi tersebut dengan tepat dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengujung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang ada di web ini. Semoga informasi di web ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.