Pendaftaran UNSULBAR 2018/2019 (Universitas Sulawesi Barat)

www.unsulbar.ac.id 2018 -- PMB UNSULBAR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSULBAR, Pendaftaran UNSULBAR Online, Pendaftaran Online UNSULBAR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSULBAR, Panduan Pendaftaran UNSULBAR, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNSULBAR, Universitas Sulawesi Barat / UNIVSULBAR / UNSULBAR. 2020. 2021

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran UNSULBAR 2018/2019 (Universitas Sulawesi Barat). Informasi ini ditujukan bagi anda terutama yang ingin kuliah di UNSULBAR. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

UNSULBAR memiliki kepanjangan nama Universitas Sulawesi Barat adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Sulawesi Barat.

UNSULBAR berlokasikan di Jl. Prof. Dr. H. Bahasruddin Lopa, SH., Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Indonesia.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR) yaitu :
  • Fakultas Pertanian terdiri dari : Program Studi Manajemen Hutan, dan Program Studi Agrobisnis.
  • Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik terdiri dari : Program Studi Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Program Studi Ilmu Hukum, dan Program Studi Pend. Bahasa Inggris.
  • Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari : Program Studi Matematika, Program Studi Pend. Matematika, Program Studi Pend. Biologi, Program Studi Pend. Fisika.
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari : Program Studi Manajemen, dan Program Studi Akuntansi.
  • Fakultas Perikanan & Peternakan terdiri dari : Program Studi Produksi Ternak, Program Studi Budidaya Perairan.
  • Fakultas Teknik terdiri dari : Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknik Informatika.
  • Fakultas Kesehatan terdiri dari : Program Studi DIII Keperawatan

Itulah daftar fakultas dan program studi yang ada di UNSULBAR. Silahkan anda pilih salah satu saat anda mendaftarkan diri di UNSULBAR. Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur seleksi masuk ke UNSULBAR yang dibuka pada tahun ini.

A. Pendaftaran UNSULBAR Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu (1) pengisian data sekolah dan data siswa di PDSS SNMPTN oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa di laman pdss.snmptn.ac.id, (2) Pemeringkatan, (3) Pendaftaran SNMPTN secara online oleh calon peserta melalui laman web.snmptn.ac.id

Tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, daftar PTN pada SNMPTN, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

B. Pendaftaran UNSULBAR Jalur SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa lulusan jenjan SLTA sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk juga lulusan tahun ini.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan dengan mengakses alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Panduan pendaftaran lengkap dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

C. Pendaftaran UNSULBAR Jalur Mandiri

Selain menyeleksi calon mahasiswa baru melalui jalur nasional (SNMPTN dan SBMPTN), UNSULBAR juga menyeleksi calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri ini diselenggarakan dan dikelola secara langsung oleh UNSULBAR sebagai panitia seleksi mahasiswa baru.

Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti jalur seleksi nasional tetapi tidak lulus, atau bagi anda yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur nasional, maka anda masih memliki kesempatan untuk bisa kuliah di UNSULBAR dengan mengikuti seleksi jalur mandiri ini.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat unsulbar.ac.id . Keterangan lain yang anda butuhkan dapat anda baca melalui alamat tersebut.

D. Pendaftaran Bidikmisi UNSULBAR

Seperti pada Perguruan Tinggi Negeri lainnya, UNSULBAR juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyalurkan program bantuan kepada calon mahasiswa yang disebut dengan program Bidikmisi.

Bidikmisi adalah sebuah program bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berlatar belakang dari keluarga berekonomi rendah atau kurang mampu.

Calon peserta yang ingin mendaftar terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kemudian dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi secara online ke laman resminya yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id lalu pilih menu siswa.

Bidikmisi yang dapat diikuti yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN atau Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila UNSULBAR membukanya, maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri.

Panduan pendaftaran Bidikmisi, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UNSULBAR (Universitas Sulawesi Barat). Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda. Ayo sukai halaman web kami dan turut berbagi (G+1) / share (FB) pada teman lainnya yang membutuhkan.