Pendaftaran ITK 2018/2019 (Institut Teknologi Kalimantan)

www.itk.ac.id 2018 -- PMB ITK, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITK, Pendaftaran ITK Online, Pendaftaran Online ITK, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITK, Panduan Pendaftaran ITK, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs ITK, Institut Teknologi Kalimantan. 2020. 2021.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran ITK 2018/2019 (Institut Teknologi Kalimantan). Dengan adanya informasi pada artikel ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru ITK. Mari simak informasinya berikut ini.


Kalimantan adalah salah satu Pulau yang ada di Indonesia yang sedang berkembang. Di Kalimantan terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti  ITK, UNMUL, UBT, Poltekkes Kaltim, Poltekba, Polnes, dan lain sebagainya.

ITK atau yang memiliki kepanjangan nama Institut Teknologi Kalimantan adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.

Institut Teknologi Kalimantan (ITK) telah diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 6 Oktober 2014.

Program Studi yang ada di Institut Teknologi Kalimantan (ITK), yaitu :
  • Fisika, Matematika, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Perkapalan, Sistem Informasi
Dari sejumlah program studi yang ada di ITK, silahkan anda pilih salah satu program studi tersebut pada saat anda mendaftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru ITK.

Anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru ITK dengan mengikuti salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh ITK pada tahun ini.

ITK membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur seleksi mandiri. Dengan ketiga jalur seleksi tersebut, dirasa cukup untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang berminat untuk kuliah di ITK.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai ketiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh ITK.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN

SNMPTN telah dikenal dengan sebuatan jalur seleksi undangan bagi siswa-siswi berprestasi karena memang jalur seleksi ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi dimana seleksinya dilakukan dengan didasarkan pada prestasi yang dimiliki.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya di PDSS pada alamat pdss.snmptn.ac.id kemudian siswa juga melakukan verifikasi data pada alamat tersebut. Tahap berikutnya yaitu pendaftaran SNMPTN di alamat web.snmptn.ac.id

Persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan Prodi, serta keterangan penting lainnya yang anda butuhkan dapat anda baca pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN

SBMPTN dikenal dengan sebutan jalur seleksi ujian tertulis (CBT/PBT) untuk menyeleksi calon mahasiswa baru dimana ujian tersebut diperuntukkan bagi semua peserta dan untuk peserta yang memilih program studi bidang seni atau keolahraan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Proses pendaftaran SBMTN dilakukan sendiri oleh calon peserta tanpa melalui pihak sekolah seperti pada SNMPTN. Calon peserta mendaftar sendiri secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id

Untuk informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri

Selain jalur seleksi nasional (SNMPTN dan SBMPTN), ITK juga membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur ini menjadi alterntif terakhir untuk bisa masuk dan kuliah di ITK. Maka dari itu, anda harus mempersiapkan diri lebih baik dari sebelumnya untuk bisa lulus seleksi melalui jalur mandiri ini.

Jalur seleksi mandiri ITK dikenal dengan sebutan SMiTek ITK. Bagi anda yang berminat untuk mendaftar jalur SMiTek ITK, silahkan mendaftar secara online melalui alamat smitek.itk.ac.id atau itk.ac.id

4. Pendaftaran Bidikmisi

ITK turut berupaya untuk membantu calon mahasiswa baru dari keluarga kurang mampu untuk kuliah di ITK dengan cara memberikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup. Bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang dimaksud dikenal dengan nama Bidikmisi.

Bagi yang ingin mendaftar Bidikmisi, maka harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah itu dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Bidikmisi yang dapat diikuti yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila ITK membukanya, maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di web ITK.

Keterangan lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, dan lain-lain dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran Bidikmisi

Penting!!!
Untuk informasi yang belum dimuat disini, maka dapat anda lihat langsung di website resmi ITK. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka  yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITK pada alamat itk.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran ITK (Institut Teknologi Kalimantan). Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi para pembaca khususnya yang ingin kuliah di ITK.

Admin turut mendoakan yang terbaik untuk anda. Admin juga mengucapkan terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca informasi di web infopmb.com ini. Cukup sekian info dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang yang sukses sejak muda. Amin.