Pendaftaran UNRAM 2018/2019 (Universitas Mataram)

pmb.unram.ac.id 2018 -- PMB UNRAM, Pendaftaran UNRAM Online, Pendaftaran Online UNRAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRAM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRAM, Panduan Pendaftaran UNRAM, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNRAM, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Mataram. 2020. 2021.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UNRAM 2018/2019 (Universitas Mataram). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa baru UNRAM. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Kota Mataram merupakan ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ada salah satu Universitas Negeri ternama yang ada di Mataram yaitu Universitas Mataram.

Universitas Mataram atau dikenal dengan sebutan UNRAM adalah Universitas Negeri yang berada di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, tepatnya terletak di jalan Pendidikan Mataram dan di jalan Majapahit.

Universitas Mataram (UNRAM) telah didirikan pada tanggal 1 Oktober 1962. Melihat pendirian yang telah lama, kini UNRAM telah berkembang semakin maju.

Fakultas, Jurusan, dan Program Studi yang ada di Universitas Mataram (UNRAM), yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Ekonomi Manajemen, Kepariwisataan, Akuntansi, Perpajakan
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Teknik terdiri dari jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika
  • Fakultas Pertanian terdiri dari beberapa jurusan. Jurusan Teknologi Pertanian mempunyai 2 program studi PS Teknik Pertanian (Agricultural Engineering) dan Teknologi Hasil Pertanian (Food Technology), Jurusan Ilmu Tanah memiliki 1 Program Studi Ilmu Tanah (Soil Science), Jurusan Budidaya Pertanian memiliki 4 Program Studi : Hortikultura (Horticulture), Agronomi(Agronomy), Hama dan Penyakit Tanaman (Plant Protection), Pemuliaan Tanaman (Plant Breeding) serta Jurusan Sosial Ekonomi memiliki PS Agribisnis (Agribusiness) dan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (Agricultural Extension).
  • Fakultas Peternakan tediri dari jurusan Produksi Ternak, Nutrisi dan makanan ternak
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki beberapa jurusan. Jurusan MIPA terdiri dari Program Studi Biologi, Fisika, Kimia, Matematika. Jurusan Bahasa dan Sastra terdiri dari Program Studi Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan IPS terdiri dari Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Pendidikan Guru SD (PGSD), Pendidikan Guru AUD (PGAUD)
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi Pendidikan Dokter
  • Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan : Minat Studi Teknologi Pangan, Minat Studi Mikrobiologi Pangan, Minat Studi Nutrisi Pangan. Program Studi Teknik Pertanian : Minat Studi Daya dan Mesin Pertanian, Minat Studi Teknik Bioproses, Minat Studi Teknik dan Konservasi Lingkungan Pertanian
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Biologi, Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, Jurusan Matematika.
  • Program Magister : Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum, Magister Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering, Magister Manajemen Sumberdaya Peternakan, Magister Pendidikan IPA, Magister Akuntansi, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Teknik Sipil, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Administrasi Pendidikan, Magister Kenotariatan
  • Program Doktor : Doktor Ilmu Hukum
  • Program Diploma dan Vokasi

Dari beberapa program studi yang ada di UNRAM, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNRAM.

Ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNRAM, yaitu terdiri dari jalur nasional dan jalur mandiri. Penjelasan mengenai jalur nasiona dan jalur mandiri UNRAM diberikan berikut ini.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNRAM Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh Pemerintah. Ada beberapa jalur seleksi nasional yang disenggarakan diantaranya yaitu UNRAM yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi.

SNMPTN dikenal dengan jalur seleksi undangan dan biaya pendaftarannya gratis, sedangkan SBMPTN dikenal dengan sebutan jalur tertulis yang biaya pendaftaran ditanggung oleh calon peserta. Selain itu, ada pula Bidikmisi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

UNRAM merupakan salah satu Universitas Negeri yang tergabung dalam jalur seleksi nasional. Jalur seleksi nasional yang iikuti oleh UNRAM yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi. Berikut penjelasan mengenai jalur-jalur tersebut.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi tanpa ujian tertulis yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri

Proses pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswanya ke PDSS, kemudian siswa juga melakukan verifikasi data di PDSS tersebut. Selanjutnya dapat melakukan pendaftar ke alamat web.snmptn.ac.id , buka disini

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis (CBT/PBT) masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi peserta lulusan SMA / sederajat yang telah lulus sekolah 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Calon peserta dapat melakukan pendaftaran SBMPTN secara online melalui alamat resmi yaitu pendaftaran.sbmptn.ac.id , buka disini.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, pilihan PTN, dan lain-lain dapat anda baca selengkapnya padaa artikel Pendaftaran SBMPTN Online.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Dengan adanya Bidikmisi ini, maka ketidakstabilan ekonomi orang tua bukan menjadi alasan untuk anak-anak yang ingin kuliah. Pemerintah siap menanggung biaya hidup dan biaya kuliah calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu.

Bagi yang berminat, silahkan daftarkan diri anda ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id dengan memilih fitur siswa. Sebelumnya calon peserta harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolah untuk mendapatkan kode akses pendaftaran.

Bidikmisi yang bisa diikuti di UNRAM yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, dan apabila dibuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Info lebih lanjut dapat dilihat di website UNRAM.

Untuk panduan pendaftaran, persyaratan, jadwal, dan lain sebagainya berkaitan dengan pendaftaran Bidikmisi dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNRAM Jalur Mandiri

Selain berpartisipasi dalam jalur seleksi nasional, UNRAM juga menyelenggarakan jalur penerimaan mahasiswa baru secara mandiri. Berikut penjelasannya.

1. Pendaftaran Ujian Mandiri UNRAM

Ujian mandiri merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh UNRAM untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Jalur ini dapat dikatakan sebagai jalur alternatif bagi anda yang ingin kuliah di UNRAM. Mungkin saja anda sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional tetapi tidak lulus seleksi, maka dapat mengikuti seleksi jalur ujian mandiri ini.

Bagi yang berminat silahkan daftarkan diri anda ke alamat pmb.unram.ac.id . Sebelumnya anda harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran berikut ini :
  1. Pendaftar program S1 Non Reguler tidak dibatasi tahun lulusan SLTA
  2. Pendaftar pada program Diploma III dan program vokasi Lombok Utara/Bima adalah lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  3. Memenuhi kesehatan yang memadai 
  4. Memenuhi persyaratan jurusan di SLTA pada program studi tertentu
Untuk informasi yang belum dimuat disini, maka dapat dilihat langsung di alamat PMB UNRAM yaitu pmb.unram.ac.id

2. Pendaftaran Pascasarjana UNRAM

UNRAM kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Informasi lebih lanjut dapat anda baca melalui alamat pasca.unram.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNRAM (Universitas Mataram). Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan untuk anda.

Admin selaku pengurus web infopmb.com turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Selain itu, admin mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia yang telah meluangkan watunya untuk membaca artikel ini.

Cukup sekian informasi dari admin dan salam sukses. Ayo berikan G+1 atau share (fb) artikel ini pada teman-teman lainnya yang membutuhkan.