Jenis Ujian dan Kelompok Ujian SBMPTN 2018/2019

Jenis Ujian dan Kelompok Ujian SBMPTN 2018 -- Materi Ujian Tertulis (CBT / PBT), Materi Ujian Keterampilan Bidang Seni dan Keolahragaan, Jenis Ujian SBMPTN, Kelompok Ujian SBMPTN, Jenis Tes SBMPTN, Materi Ujian SBMPTN (TKPA, TKD Saintek, TKD Soshum), Kelompok Ujian SBMPTN (Saintek, Soshum, Campuran), Materi Tes SBMPTN. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Jenis dan Kelompok Ujian SBMPTN 2018/2019. Informasi ini sebagai pelengkap dari informasi sebelumnya tentang SBMPTN. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasannya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Salah satu jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang paling favorit adalah jalur SBMPTN.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi adalah jalur ujian tertulis nasional masuk ke Perguruan Tinggi di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta dan ujian keterampilan khusus untuk peserta dengan program studi bidang seni dan olahraga.

Ujian Tertulis pada SBMPTN dibedakan menjadi 2 yaitu Computer-Based Testing atau yang biasa disebut dengan CBT dan Paper-Based Testing atau yang biasa disebut dengan PBT.

Peserta yang memilih ujian dengan sistem CBT akan mengerjakan soal SBMPTN menggunakan bantuan komputer, sedangkan peserta yang memilih ujian SBMPTN dengan sistem PBT akan mengerjakan soal tes SBMPTN menggunakan lembar jawaban.

Semua peserta SBMPTN harus mengikuti ujian tertulis, baik yang menggunakan sistem CBT ataupun sistem PBT yang diselenggarakan oleh panitia.

Sedangkan untuk peserta SBMPTN yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang biasanya dilaksanakan hari berikutnya setelah ujian tertulis. Peserta dapat mengikuti Ujian Keterampilan di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta.

Nah, sebelum anda mengikuti tes pada waktu yang telah ditentukan, sebaiknya anda mempelajari dulu materi apa yang akan diujikan agar apa yang anda pelajari cocok dengan soal yang diujikan.

Hal ini cukup penting untuk anda lakukan karena dengan mempelajari materi yang sesuai diharapkan akan muncul soal tes sesuai dengan materi tersebut sehingga materi yang telah anda pelajari tidak sia-sia.

Berikut ini admin berikan informasi mengenai jenis ujian SBMPTN yang didalamnya dibahas materi tes CBT / PBT dan materi tes untuk ujian keterampilan, serta kelompok ujian SBMPTN. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

A. Jenis Ujian

Jenis ujian SBMPTN terbagi menjadi 2 yaitu ujian tertulis (CBT / PBT) dan ujian keterampilan.. Berikut penjelasannya.

1. Ujian Tertulis (PBT atau CBT)

Materi Ujian Tertulis terdiri dari:
  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

2. Ujian Keterampilan

Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan terdiri dari :
  1. Ujian Keterampilan seni rupa dengan mata uji tes menggambar, tes pengetahuan dan wawasan seni rupa.
  2. Ujian Keterampilan seni tari dengan mata uji tes tari bentuk, tes kreatifitas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (dalam bentuk wawancara).
  3. Ujian Keterampilan seni musik dengan mata uji tes musikalitas, tes praktik instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (dalam bentuk wawancara).
  4. Ujian Keterampilan seni drama/teater dengan mata uji tes praktik monolog, tes pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama/teater (dalam bentuk wawancara)
  5. Ujian Keterampilan olahraga dengan mata uji tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.

Info Penting!!!
  • Peserta dapat mengikuti Ujian Keterampilan di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta.
  • Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman www.sbmptn.ac.id.

B. Kelompok Ujian

Ada 3 jenis kelompok ujian SBMPTN yang dapat dipilih oleh calon peserta yaitu :
  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Info Penting!!!
  • Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.

Itulah Jenis Ujian dan Kelompok Ujian SBMPTN yang dapat admin bagikan. Anda dapat melihat bahwa materi-materi yang akan diujikan adalah materi-materi tingkat SLTA. Dengan demikian tentu ada sudah mempelajari materi tersebut di Sekolah. Anda tinggal mengingatnya lagi agar lebih paham.

Untuk informasi lainnya seputar SBMPTN seperti persyaratan, biaya pendaftaran, cara pendaftaran, dan lain sebagainya silahkan baca pada artikel berikut :
Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan tentang Jenis Ujian dan Kelompok Ujian SBMPTN. Semoga informasi tersebut bisa memberikan sedikit pencerahan untuk anda semua.

Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.