Pendaftaran UNM 2018/2019 (Universitas Negeri Makassar)

www.unm.ac.id 2018 -- PMB UNM, Pendaftaran UNM Online, Pendaftaran Online UNM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNM, Panduan Pendaftaran UNM, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, PPs UNM, Universitas Negeri Makassar. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNM 2018/2019 (Universitas Negeri Makassar). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan persiapan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNM. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Kota Makassar adalah Ibukota dari Sulawesi Selatan yang merupakan salah satu kota yang masuk dalam jajaran kota terbesar di Indonesia.

Di Makassar, atau umumnya di Sulawesi Selatan terdapat beberapa perguruan tinggi ternama seperti UNHAS, UIN Alauddin, UNM, dan perguruan tinggi lainnya.

UNM atau Universitas Negeri Makassar adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kota Makassar, Indonesia, yang telah didirikan pada tanggal 1 Agustus 1961 dan memiliki moto yaitu Tetap Jaya Dalam Tantangan.

UNM memiliki beberapa lokasi kampus yaitu :
  • Kampus I Gunung Sari (Kota Makassar)
  • Kampus II Parang Tambung (Kota Makassar),
  • Kampus III Banta - Bantaeng (Kota Makassar)
  • Kampus IV Tidung (Kota Makassar), Kampus PGSD (Kabupaten Bone)
  • Kampus PGSD (Kota Pare Pare)
Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Negeri Makassar (UNM), yaitu :
  • Fakultas Psikologi : Psikologi Eksperimen, Psikologi Industri, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi Sosial
  • Fakultas Ilmu Pendidikan : Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP), Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Jurusan Administrasi PEndidikan (AP), dan Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan, Pendidikan Luar Biasa (PLB), program D-II PGSD, program D-II PGTK
  • Fakultas MIPA : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Prodi IPA, Prodi Statistika.
  • Fakultas Teknik : Pendidikan Teknik Bangunan terdiri dari Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (S1) dan Teknik Arsitekstur (D3) ; Pendidikan Teknik Mesin terdiri dari Pendidikan Teknik Mesin (S1) dan Teknik Mesin (D3) ; Pendidikan Teknik Elektro terdiri dari Pendidikan Teknik Elektro (S1) dan Teknik Elektro (D3) ; Pendidikan Teknik Otomotif terdiri dari Pendidikan Teknik Otomotif (S1) dan Teknik Otomotif (D3) ; Pendidikan Teknik Elektronika terdiri dari Pendidikan Teknik Elektronika (S1) dan Teknik Elektronika (D3) ; Pendidikan Kesejahteraan Keluarga terdiri dari Pendidikan Tata Busana (S1), Pendidikan Tata Boga (S1), Tata Busana (D3), dan Tata Boga (D3) ; Pendidikan Teknologi Pertanian (S1) ; Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (S1)
  • Fakultas Bahasa dan Sastra
  • Fakultas Ilmu Olahraga
  • Fakultas Ilmu Sosial : PPKn, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Sosiologi.
  • Fakultas Seni dan Desain
  • Fakultas Ekonomi : Manajemen (S1), Jurusan Pendidikan Ekonomi yang terdiri atas 3 (tiga) program studi, yaitu Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1), Pendidikan Akuntansi (S1), dan Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1 Passing Out)
  • Program Pasca Sarjana : Pendidikan Bahasa Inggris (S3 dan S2), Pendidikan Ekonomi (S3), Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup (S3 dan S2), Pendidikan Bahasa Indonesia (S3 dan S2), Ilmu Pendidikan (S3), Ilmu Administrasi Publik (S3), Sosiologi (S3), Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (S2), Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (S2). Pendidikan Fisika (S2), Pendidikan Biologi (S2), Pendidikan Kimia (S2), Pendidikan Matematika (S2), Pendidikan Seni Rupa (S2), Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan (S2), Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2), Administrasi Pendidikan (S2), Bimbingan Dan Konseling (S2)

Dari sejumlah informasi tentang UNM khususnya tentang program studi yang ada di UNM, mungkin saja dari beberapa program studi tersebut salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNM.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNM, maka anda perlu mengetahui informasi tentang jalur-jalur seleksi calon mahasiswa baru yang dibuka oleh UNM.

UNM kembali membuka beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional dan juga jalur seleksi mandiri. Berikut penjelasan selengkapnya.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNM Jalur Seleksi Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh Pemerintah secara langsung. Dalam hal ini, Pemerintah bertindak sebagai panitia seleksi.

Pemerintah menyelenggarakan beberapa jalur seleksi nasional, diantaranya yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi. Berikut penjelasannya.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan untuk siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Salah satunya masuk ke UNM.

Seleksi jalur SNMPTN dilakukan dengan didasarkan pada prestasi-prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport, nilai UN, dan nilai atau prestasi lainnya yang relevan.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa berprestasinya dengan mengisi sejumlah data di pdss.snmptn.ac.id , kemudian siswa juga melakukan verisikasi data pada alamat tersebut.

Setelah proses pendaftaran di PDSS selesai, selanjutnya siswa dapat melakukan pendaftaran SNMPTN secara online ke alamat web.snmptn.ac.id

Untuk informasi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan hal lainnya yang berkaitan dengan SNMPTN maka dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi uasional yang diperuntukkan bagi calon peserta lulusan jenjang SMA sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) yang diperuntukkan bagi semua peserta SBMPTN, dan untuk peserta yang memilih program studi bidang seni atau keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Proses pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Untuk panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, daftar PTN se-Indonesia, dan lainnya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi telah menjadi solusi untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Ini adalah suatu kemajuan positif di bidang Pendidikan yang telah dilakukan oleh Pemerintah.

Dengan adanya Bidikmisi ini, diharapkan calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu memiliki motovasi yang tinggi untuk kuliah dan dapat menyelesaikan kuliahnya dengan tepat waktu.

Bagi yang ingin mendaftar Bidikmisi, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah itu, calon peserta dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id lalu pilih fitur siswa

Bidikmisi yang dapat diikuti adalah Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila nanti dibuka, maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri.

Untuk informasi berupa panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya maka dapat anda baca pada artikel yang secara khusu membahas tentang Bidikmisi yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNM Jalur Seleksi Mandiri

Jalur seleksi mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh panitia dari UNM.

Jalur mandiri dapat disebut sebagai jalur alternatif masuk ke UNM. Mengapa demikian? karena jalur ini dibuka paling akhir.

Mungkin saja anda sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur lainnya, namun pada saat pengumuman kelulusan, anda dinyatakan tidak lulus, maka jalur mandiri sebagai jalur alternatif yang dapat anda ikuti.

Jalur mandiri yang diselanggrakan oleh UNM dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Berikut informasi selengkapnya.

1. Pendaftaran Jalur Mandiri UNM

Jalur Mandiri UNM dikenal dengan singkatan PMBM atau dengan kepanjangan yaitu Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri (PMBM) UNM yang terdiri atas Mandiri A dan Mandiri B.

Jalur mandiri A menawarkan lebih banyak pilihan program studi dibandungkan jalur mandiri B. Untuk program studi yang ditawarkan dapat anda lihat langsung di website resmi UNM.

Jalur mandiri ini dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana dimana calon peserta merupakan lulusan jenjang SMA sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk untuk lulusan tahun ini.

Pendaftaran jalur mandiri UNM dilakukan secara online melalui alamat pmbm.unm.ac.id . Informasi lainnya dapat anda baca pada alamat tersebut.

2. Pendaftaran Program Pascasarjana UNM

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UNM juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana untuk Magister dan Doktor.

Bagi anda yang memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana, silahkan anda melakukan pendaftaran dengan mengikuti seleksi masuk Pascasarjana UNM.

Program PPS UNM membuka 2 Program, yaitu : Program Non Reguler (Jumat-Sabtu) dan Program Reguler (Senin s/d Kamis). Bagi anda yang sbelum bekerja, maka sebaiknya anda memilih program reguler, sedangkan untuk yang telah bekerja, maka anda dapat memilih jalur non reguler.

Untuk yang berminat mendaftar, maka dapat melakukannya melalui alamat pmbpps.unm.ac.id . Untuk informasi lainnya jugda dapat dilihat melalui alamat tersebut atau pada pps.unm.ac.id

Penting!!!
Untuk informasi yang belum dimuat disini, maka dapat anda lihat langsung di website resmi UNM pada alamat yang telah diberikan dan apabila anda perubahan atau perbedaaan, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UNM (Universitas Negeri Makassar) yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudahan-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk para pembaca semua.

Admin selaku pengurus web infopmb.com mengucapkan terima kasih untuk anda yang telah meluangkan waktunya untuk membaca disini. Admin juga mengingatkan anda yang akan segera mengikuti seleksi agar mempersiapkan diri dengan baik. Semoga dengan persiapan tersebut keinginan anda untuk lulus seleksi dapat terkabulkan. Amin.

Mari turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.