Pendaftaran UNAND 2018/2019 (Universitas Andalas)

pmb.unand.ac.id 2018 -- PMB UNAND, Pendaftaran UNAND Online, Pendaftaran Online UNAND, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNAND, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNAND, Panduan Pendaftaran UNAND, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNAND, Universitas Andalas. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi yang berjudul Pendaftaran UNAND 2018/2019 (Universitas Andalas). Dengan adanya informasi ini, mudah-mudahan bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNAND. Informasi selengkapnya dapat anda pahami dibawah ini.

http://www.infopmb.com/

Padang adalah Ibukota dari Sumatera Barat. Di Padang ada beberapa PTN ternama seperti PNP, Poltekkes Padang, ISI Padang Panjang, IAIN Bukittinggi, UNP, UNAND dan PTN lainnya.

UNAND atau Universitas Andalas adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Universitas Andalas (UNAND) ini merupakan Universitas tertua di luar Pulau Jawa yang didirikan pada 23 Desember 1955 yang di resmikan oleh Wakil Presiden RI pada masa itu yaitu Mohammad Hatta.

Moto dari Universitas Andalas (UNAND) adalah "Untuk Kedjajaan Bangsa"

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Andalas (UNAND), yaitu :
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum, Pendidikan Profesi Kenotariatan
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Agribisnis, Agroekoteknologi, ilmu tanah
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter Umum, Psikologi, Kebidanan
  • Fakultas MIPA terdiri dari Program Studi Kimia, Matematika, Fisika, Biologi
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, program DIII (Pemasaran, Akuntansi, Kesekretariatan & Manajemen Perkantoran, Keuangan Perbankan, Keuangan Negara & Daerah), Kampus II Payakumbuh (Manajemen, Ekonomi Pembangunan)
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Ilmu Peternakan, Ilmu Peternakan (Kampus III Dharmasraya)
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Program Studi Ilmu Sejarah, Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Jepang, Sastra Minangkabau
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Lingkungan, Teknik Sipil
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Ilmu Politik, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Farmasi, Pendidikan Profesi Apoteker
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Pertanian 
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Teknologi Informasi terdiri dari Program Studi Sistem Komputer, Sistem Informasi
  • Fakultas Keperawatan terdiri dari Program Studi Ilmu Keperawatan
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter Gigi

Dari sedikit informasi yang telah diberikan di atas, mungkin dapat menjaid gambaran bagi anda terutama yang ingin kuliah di UNAND.

Bagi anda yang berminat kuliah di UNAND, maka selain mengetahui informasi di atas, anda juga perlu mengetahui informasi penting yaitu mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNAND.

Dengan mengetahui informasi tersebut, nantinya anda dapat menentukan pilihan jalur seleksi mana yang harus diikuti yang diharapkan dapat membuat anda lulus seleksi masuk UNAND.

UNAND kembali membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional dan juga jalur mandiri. Penjelasan lebih lanjut mengenai kedua jalur tersebut diberikan berikut ini.


A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNAND Jalur Nasional



1. Pendaftaran SNMPTN


SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Proses seleksi didasarkan pada nilai rapor, nilai UN, dan prestasi-prestasi lainnya yang dimiliki siswa sesuai ketentuan dari panitia.

Untuk proses pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya ke alamat pdss.snmptn.ac.id , selanjutnya siswa juga melakukan verifikasi data pada alamat tersebut.

Setelah melakukan verifikasi data pendaftaran, selanjutnya melakukan pendaftaran SNMPTN di alamat web.snmptn.ac.id

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran SNMPTN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan bagi calon peserta yang memilih program studi bidang seni atau keolahragaan.

Bagi anda yang telah mengikusi seleksi jalur SNMPTN tetapi pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus, atau bagi anda yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id .  Silahkan lakukan pengisian data pada alamat tersebut.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah pemberian bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi orang tuanya. Bagi anda yang berasal dari keluarga yang demikian, maka anda dapat mengajukan diri untuk mendapatkan Bidikmisi.

Bidikmisi yang dapat diikuti di UNAND adalah Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila dibuka, maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Untuk lebih jelasnya maka dapat andal lihat langsung di website UNAND.

Untuk informasi persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca secara langsung pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNAND Jalur Mandiri

1. Pendaftaran KBI

KBI atau Kelas Bahasa Inggris adalah kelas khusus yang dirancang sesuai kurikulum program regular namun pada proses pembelajaran dilakukan menggunakan bahasa Inggris kecuali untuk mata kuliah tertentu seperti Agama, Bahasa Indonesia, dan Kewarganegaraan (Pancasila)

Bagi yang berminat, silahkan mendaftarkan diri anda. Sebelum mendaftar, terlebih dahulu harus membayar biaya pendaftaran ke Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan menyebutkan "Kelas Berbahasa Inggris (KBI)" untuk mendapatkan username dan password. Setelah mendapatkan username dan password, selanjutnya melakukan pendaftaran ke alamat http://umb.unand.ac.id/kbi

2. Pendaftaran D3/Intake D3

Bagi anda yang telah lulus jenjang Diploma 3 dan ingin melanjutkan pendidikan yang relevan ke jenjang Sarjana (S1), maka dapat mengikuti seleksi jalur D3/Intake D3 ini. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat umb.unand.ac.id . Informasi lebih lanjut dapat anda baca pada alamat pmb.unand.ac.id

3. Pendaftaran Pascasarjana UNAND

UNAND kembali melakukan penerimaan calon mahasiswa baru jenjang Pascasarjana untuk Magister (S2) dan Doktor (S3)

Bagi anda yang berminat, silahkan anda membaya biaya pendaftar ke Bank Syariah Mandiri untuk membeli PIN pendaftaran. Selanjutnya melakukan pendaftaran ke alamat pmb.unand.ac.id lalu pilih menu "Pascasarjana". Link pendaftaran online berada di bagian bawah.

Penting!!!
Untuk informasi lain yang belum dimuat disini maka dapat anda lihat langsung di website resmi PMB UNAND di alamat pmb.unand.ac.id . Apabila anda perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website tersebut.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :



Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UNAND (Universitas Andalas). Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa membantu anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNAND dan nantinya bisa belajar di kampus UNAND. Silahkan bagikan informasi ini kepada teman-teman yang membutuhkan. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) informasi ini pada teman lainnya.