Pendaftaran UNSAM 2018/2019 (Universitas Samudra)

pmb.unsam.ac.id 2018 -- PMB UNSAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSAM, Pendaftaran UNSAM Online, Pendaftaran Online UNSAM, Penerimaan Mahasiswa Baru UNSAM, Seleksi Mahasiswa Baru UNSAM, Cara Pendaftaran UNSAM, Panduan Pendaftaran UNSAM, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNSAM, Universitas Samudra. 2020. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNSAM 2018/2019 (Universitas Samudra). Informasi ini ditujukan bagi anda yang berminat untuk kuliah di UNSAM. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

UNSAM atau Universitas Samudra adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Kota Langsa, Aceh, Indonesia. Selain UNSAM, di Aceh juga terdapat beberapa PTN lainnya seperti UNSYIAH dan UTU.

Universitas Samudra berawal dari sebuah universitas swasta yang berada di Kota Langsa di bawah Yayasan Pendidikan Samudra yang mulai dirintis sejak tahun 1963, ketika itu Al- Jamiatul Wasliyah Cabang Aceh Timur berinisiatif dengan mendirikan Fakultas Ekonomi Malikul Saleh yang berafiliasi pada Universitas Alwasliyah Medan.

Setelah melalui berbagai proses, akhirnya pada tanggal 13 Mei 2013 dengan ditandatanganimya Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2013 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, dibukalah PTN baru dengan nama Universitas Samudra. PTN Baru yang bernama UNSAM ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 4 Juni 2013

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Samudra (UNSAM), yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Budidaya Perairan, Agroteknologi, Agribisnis.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Olah Raga, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, PGSD.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Informatika, MIPA Matematika, MIPA Fisika, MIPA Kimia, MIPA Biologi

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di UNSAM yang bisa anda pilih ketika anda mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru UNSAM.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIMAL dengan mengikuti jalur seleksi masuk UNSAM, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, dan Bidikmisi.

A. Pendaftaran UNSAM Jalur SNMPTN

UNSAM merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam jalur seleksi SNMPTN.

Bagi yang ingin masuk ke UNSAM, maka dapat memilih jalur SNMPTN. Namun perlu diketahui bahwa jalur SNMPTN ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi dengan mengisi data pendaftaran di PDSS di alamat pdss.snmptn.ac.id lalu siswa juga melakukan verifikasi data di alamat tersebut.

Setelah tahapan verifikasi selesai, maka dapat melanjutkan ke tahap pemeringkatan oleh panitia dan yang memenuhi kriteria dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu pendaftaran SNMPTN dengan mengakses alamat web.snmptn.ac.id

Untuk panduan pendaftaran lengkap, jadwal, biaya, persyaratan, dan keterangan penting yang anda butuhkan dapat anda baca pada Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN.

B. Pendaftaran UNSAM Jalur SBMPTN

Selain jalur SNMPTN, UNSAM juga berpartisipasi dalam jalur SBMPTN. Jalur SBMPTN diperuntukkan bukan hanya untuk siswa berprestasi, namun siswa yang kemampuannya biasa-biasa saja dapat mengikuti seleksi jalur SBMPTN ini.

Pendaftaran dilakukan secara online mandiri oleh siswa tanpa melalui pihak sekolah. Calon peserta mengakses alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk mendaftar.

Panduan pendaftaran, persyaratan, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan keterangan lainnya dapat anda baca dengan lengkap pada Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

B. Pendaftaran UNSAM Jalur Mandiri

Selain membuka jalur SNMPTN dan SBMPTN, UNSAM juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri ini diselenggarakan secara langsung oleh UNSAM dimana UNSAM bertindak sebagai panitia seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Bagi anda yang telah mengikuti jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri dengan mengikuti seleksi jalur mandiri.

Pendaftaran jalur mandiri UNSAM dilakukan secara online melalui alamat pmb.unsam.ac.id . Keterangan lain dapat dibaca melalui alamat tersebut.

D. Pendaftaran Bidikmisi UNSAM

Bidikmisi adalah pemberian biaya bantuan pendidikan dan biaya hidup semasa kuliah yang diberikan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dimana proses pengajuan Bidikmisi ini dilakukan pada saat awal pendaftaran calon mahasiswa baru bersamaan dengan jalur seleksi masuk.

Calon peserta yang ingin mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, kemudian calon peserta dapat mendaftarkan diri dengan membuka alamat pendaftaran bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id lalu pilih menu siswa.

Bidikmisi yang dapat diikuti yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila UNSAM membukanya, maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri.

Untuk panduan pendaftaran ,persyaratan, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat  anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran Bidikmisi.
Itulah informasi mengenai Pendaftaran UNSAM (Universitas Samudra) yang dapat admin bagikan kepada anda. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki sebelumnya. 

Ay turut bagikan juga artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+ yang tersedia atau share fb. Terima kasih.