Pendaftaran IAIN Bukittinggi 2017/2018

kampus.iainbukittinggi.ac.id 2017 -- Pendaftaran IAIN Bukittinggi, Pendaftaran Online IAIN Bukittinggi, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Bukittinggi, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Bukittinggi, Jalur SPAN-PTKIN,UM-PTKIN, Jalur Prestasi Non Akademik IAIN Bukittinggi, Jalur UM IAIN Bukittinggi, Penerimaan Program Pascasarjana IAIN Bukittinggi.

Kali ini admin akan menyampaikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Bukittinggi 2017/2018. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menambah informasi untuk calon mahasiswa baru IAIN Bukittinggi. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

IAIN Bukittinggi adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang ada di Bukittingi, Sumatera Barat, tepatnya beralamatkan Kampus I : Jl. Paninjauan Garergeh, Bukittinggi ; Kampus II : Jl. Raya Gurun Aur Kubang Putih, Kabupaten Agam. Sumatera Barat. Indonesia.

IAIN ini didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Zulkaidah 1417 H.

Pada saat ini IAIN Bukittinggi telah memiliki beberapa program studi seperti berikut ini :

Fakultas Syari'ah (FSYAR)
  • Jur. Perdata Islam (Al-ahwal al Asyahksiah), Jur. Hukum Ekonomi Islam (mualamalah), Jur. Hukum Pidana Islam (Jinayah), Jur. Hukum Ketatanegaraan Islam (Siyasah)
Fakultas Tarbiyah & Keguruan (FTIK)
  • Jur. Pendidikan Agama Islam (S1), Jur. Pendidikan Bahasa Arab (S1), Jur. Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Jur. Pendidikan Matematika (S1), Jur. Pendidikan Teknik Informatika & Komputer (S1), Jur. Pendidikan Bimbingan & Konseling (S1)
Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam (FEBI)
  • Jur. Program D3 Perbankan (D3), Jur. Ekomoni Islam (S1), Jur. Perbankan Syariah (S1)
Fakultas Ilmu Ushuluddin, Adab & Dakwah (FUAD)
  • Jur. Al-quran & Ilmu Tafsir (S1), Jur. Ilmu Hadist & Ilmu Hadist (S1), Jur. Filasafat Agama (S1), Jur. Sosiologi Agama (S1), Jur. Komunikasi Penyiaran Islam (S1), Jur. Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Program Pascasarjana IAIN Bukittinggi
  • Pascasarjana HI, Pascasarjana PAI, Pascasarjana Ekonomi Syariah
Itulah sejumlah program studi yang ada di IAIN Bukittingi yang dapat anda pilih ketika anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru.

Setelah menentukan pilihan program studi, maka selanjutnya yang perlu anda ketahui juga yaitu jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Bukittinggi yang dibuka pada tahun ini. Berikut informasinya.

A. Pendaftaran IAIN Bukittinggi Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN telah dikenal dengan sebutan jalur seleksi undangan nasional masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Proses pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikanrekomendasi dengan mengisi data pendaftaran siswa di PDSS SPAN-PTKIN. Selanjutnya siswa akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran siswa ke alamat www.span-ptkin.ac.id

Untuk infomasi lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, mekanisme seleksi, daftar PTKIN se-Indonesia, pilihan PTKIN dan prodi, dan keterangan lainnnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

B. Pendaftaran IAIN Bukittinggi Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN dikenal dengan sebutan jalur seleksi ujian tertulis masuk ke PTKIN seperti UIN, IAIN, atau STAIN. Calon peserta harus lulus ujain tertulsi karena dasar utama kelulusan UM-PTKIN adalah hasil ujian tertulis.

Pendaftaran diawali setelah siswa membayar biaya pendaftaran di Bank. Setelah membayat biaya pendaftaran, calon peserta akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran di alamat www.um-ptkin.ac.id

Panduan pendaftaran, tata cara pendaftaran, biaya pendaftaran, daftar PTKIN, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan prodinya, serta keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran UM-PTKIN Online.

C. Pendaftaran IAIN Bukittinggi Jalur Prestasi Non Akademik

Bagi siswa-siswi berpretasi di bidang non akademik seperti hafal Al-quran atau lainnya, maka dapat mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru IAIN Bukittingi melalui jalur prestasi non akademik. Informasi lebih lanjut dapat anda baca melalui alamat http://e-campus.iainbukittinggi.ac.id/pmb atau http://kampus.iainbukittinggi.ac.id

D. Pendaftaran IAIN Bukittinggi Jalur UM IAIN Bukittinggi

UM IAIN Bukittinggi merupakan jalur seleksi mandiri masuk ke IAIN Bukittinggi yang selekinya dilakukan melalui ujian tertulis. Jalur ini sama dengan jalur UM-PTKIN yaitu sama-sama jalur tes tertulis. Namun adanya bedanya yaitu UM-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional sedangkan UM IAIN Bukittinggi merupakan jalur seleksi mandiri.

Untuk informasi lebih lanjut maka dapat anda baca dengan mengunjungi alamat website berikut : http://e-campus.iainbukittinggi.ac.id/pmb atau http://kampus.iainbukittinggi.ac.id

E. Pendaftaran Program Pascasarjana IAIN Bukittinggi

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana, maka dapat memilih IAIN Bukittinggi sebagai alternatif pilihan anda. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran pascasarjana dapat anda baca pada artikel http://pasca.iainbukittinggi.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Bukitting yang dapat anda pilih. Silahkan anda piliah slah satu jalur yang diperkirakan dapat memberikan peluang besar untuk kelulusan anda.

Untuk informasi yang belum dimuat disini, maka dapat anda lihat langsung di website resmi IAIN Bukitting. Kemudian apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

Demikian informasi mengenai Pendaftaran IAIN Bukittinggi yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda terutama calon mahasiswa baru IAIN Bukittinggi.

Mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca informasi di web infopmb.com ini. Terima kasih dan salam sukses selalu admin ucapkan untuk anda para pengujung setia web ini.