Tanya Jawab Seputar Bidikmisi 2018/2019

Tanya Jawab Seputar Bidikmisi 2018 -- Pertanyaan Umum Seputar Bidikmisi, FAQ Seputar Bidikmisi, Pertanyaan Umum Seputar Bidikmisi dan Jawabannya, Helpdesk Bidikmisi, Pertanyaan Penting Tentang Bidikmisi, Tanya Jawab Tentang Program Bidikmisi. Diskusi Bidikmisi. 2019. 2020.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Tanya Jawab Seputar Bidikmisi 2018/2019. Informasi ini sebagai solusi bagi anda yang memiliki pertanyaan-pertanyaan seputar Bidikmisi. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Dalam proses pendaftaran Bidikmisi, bisa saja muncul banyak pertanyaan yang membingungkan dan tentu saja memerlukan jawaban yang jelas.

Anda sebagai calon peserta Bidikmisi yang akan melakukan pendaftaran mungkin memiliki pertanyaan seperti yang admin maksud di atas.

Pertanyaan-pertanyaan seputar Bidikmisi akan admin berikan berikut ini beserta jawabannya. Pertanyaan dan jawaban seputar Bidikmisi berikut ini bersumber dari Portal Resmi Bidikmisi yaitu http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id . Mari simak informasi berikut ini.

Tanya Jawab Seputar Bidikmisi

1. Apakah Bidikmisi Itu ? Kenapa bukan disebut Beasiswa ?
  • Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).
  • Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

2. Apakah Bidikmisi Gratis ?

Bidikmisi memberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut:
  • Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lokal (mandiri) pada salah 1 pergurua tinggi
  • Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari daerah asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa)
  • Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi Subsidi biaya hidup sedikitnya Rp. 600.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah
  • Jika ada pihak pihak yang memungut biaya pada calon pendaftar, pendaftar, atau penerima Bidikmisi diluar ketentuan tersebut bisa melapor ke bidikmisi@dikti.go.id

3. Saya tidak memiliki prestasi , nilai rapor per semester naik turun , apakah diperkenankan mendaftar Bidikmisi ?
  • Persyaratan pendaftaran Bidikmisi tahun ini sama dengan Bidikmisi tahun lalu yang tidak menjabarkan prestasi, jadi asalkan Anda memenuhi syarat pendaftaran seleksi masuk, Anda bisa mendaftar Bidikmisi. 
  • Silahkan meminta pihak sekolah merekomendasikan Anda di laman pendaftaran Bidikmisi sesuai jadwal.

4. Apakah Wajib Direkomendasikan Sekolah?

Rekomendasi sekolah wajib diberikan pada pendaftar bidikmisi untuk menjamin pendaftar :
  • Tidak mampu secara ekonomi
  • Berpotensi akademik baik

Dalam kasus luar biasa, seperti sekolah sudah tidak menyelenggarakan pendidikan, sekolah ada pada daerah bencana dan hal lainnya yang dianggap mendesak dan luar biasa pendaftar bisa menghubungi panitia melalui bidikmisi@dikti.go.id untuk diberikan solusi.

Sekolah yang menolak merekomendasikan karena alasan apapun untuk calon pendaftar (baik yang akan lulus / alumni) yang memenuhi persyaratan dapat dilaporkan ke panitia ke bidikmisi@dikti.go.id untuk dikoordinasikan.

5. Apakah Pendaftar Bidikmisi wajib memiliki KIP / KPS / BSM ?
  • Pendaftar Bidikmisi diharapkan memiliki KIP / KPS / BSM , namun jika tidak maka bisa menyertakan surat keterangan tidak mampu atau surat lainnya yang membuktikan ketidakmampuan untuk memudahkan verifikasi nantinya.

6. Jika Mendaftar Bidikmisi dan Ternyata setelah diverifikasi saya tidak layak. Apa yang akan terjadi ?

Bidikmisi ditujukan secara eksklusif hanya untuk yang tidak mampu secara ekonomi, siswa yang secara akademik unggul tapi mampu secara ekonomi tidak diperkenankan mendaftar. Dalam hal anda mendaftar bidikmisi dan ternyata tidak layak menerima karena ternyata mampu secara ekonomi, ada beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi

Jika dianggap kelalaian ringan / tidak disengaja, tidak akan ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi namun dianggap sebagai mahasiswa reguler
Jika dianggap melakukan pengisian data yang tidak benar secara sengaja dan atau pemberian bukti pendukung yang tidak sah (cara mendapatkannya) dapat dibatalkan statusnya dalam seleksi masuk PT 

Status kelayakan juga bisa berdasarkan laporan dari masyarakat, misalkan pernah suatu kali kami ada laporan penerima bidikmisi yang orang tuanya tiap tahun pergi umroh, dalam hal tersebut kami akan berkoordinasi dengan perguruan tinggi terkait untuk melakukan verifikasi ulang.

7. Apakah ada biaya kedatangan untuk penerima Bidikmisi ?
  • Bidikmisi memberikan biaya kedatangan pertama (satu kali perjalanan dari tempat asal ke PT terkait) bagi penerima Bidikmisi kuota APBN.
  • Penyerahannya diberikan langsung oleh PT.
Catatan:
  • Untuk transportasi darat, PT menetapkan biaya kedatangan menggunakan zoning (per kota dianggap sama besarannya) 
  • Untuk yang diluar propinsi asal dan penerima awal harus diberikan biaya hidup sementara.
  • Untuk kuota APBN-P tidak mendapat biaya kedatangan.

8. Apakah bisa perbarui data nama & tanggal lahir dan kondisi ekonomi ?
  • Untuk perubahan nama, silahkan perbarui terlebih dahulu nama di sistem PDSPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan). Kemudian pada menu BIODATA silahkan pilih tombol PERBARUI NAMA. 
  • Untuk perubahan tanggal lahir dapat dilakukan pada menu BIODATA secara langsung tanpa melalui proses verifikasi administrator.
  • Untuk pembatalan finalisasi, bisa mengajukan permohonan di menu dan login sekolah, setiap permohonan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
  • Untuk pengubahan kondisi ekonomi, bisa mengajukan permohonan di menu ekonomi di login siswa, setiap permohonan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
  • Untuk perubahan nilai akademis, bisa dilakukan di menu rekomendasi siswa di login sekolah.

9. Apakah bisa mengubah pilihan jalur seleksi di laman pendaftaran Bidikmisi ?
  • Jika sudah memilih salah satu jalur seleksi, tentu tidak bisa dibatalkan.
  • Silahkan log-in kembali untuk menambah pilihan jalur seleksi sesuai prosedur dan jadwal pendaftaran

10. Kapankah pengumuman bidikmisi?
  • Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan pada Mahasiswa sehingga pengumumannya adalah selepas anda mendaftar ulang sebagai mahasiswa di PT terkait (jika lulus seleksi masuk).
  • Setelah mendaftar ulang anda akan diverifikasi kelayakan menerima sebagai penerima Bidikmisi.
  • DI dalam proses daftar ulang, semua pendaftar Bidikmisi yang sudah mendaftar sesuai prosedur dibebaskan dari biaya daftar ulang dan biaya pendidikan lainnya.
  • Untuk pendaftar dari luar kota Perguruan Tinggi, akan diberikan pengganti biaya transport yang besaran serta teknisnya diatur PT terkait.

11. Kapan dana Bidikmisi cair ?
  • Mulai bulan maret 2014 sistem pencairan telah disempurnakan yaitu melalui proses online yaitu di http://sipbesar.dikti.go.id
  • Silahkan isikan informasi pribadi anda disana untuk mengetahui perkembangan pencairan.
  • Jika data tidak ditemukan berarti memang belum diproses oleh perguruan tinggi.

12. Bagaimana Tahapan Penyaluran Bantuan Biaya Hidup Bidikmisi ?
  1. PT mengirimkan SK/Surat dari pimpinan PT terkait daftar penerima bidikmisi untuk 1 semester / 1 tahun kedepan disertai data pendukung teknis (pelaporan IPK dan atau softcopy elektronik data penerima dan rekening) (cepat atau lambatnya tergantung mekanisme internal PT)
  2. Direktorat Belmawa melakukan proses SPP, SPM (kira kira 1-2 Minggu jika data pada tahap 1 lengkap) 
  3. KPPN menerbitkan SP2D (Maksimal 1 hari kerja) dan transfer ke rekening penampungan Satker Direktorat belmawa (Ijin kementerian keuangan)
  4. Direktorat Belmawa memerintahkan Bank Mandiri melakukan proses transfer (1-2 hari kerja)
  5. Bank Mandiri melakukan transfer ke rekening penerima (mekanisme internal bank mandiri)

Dari proses 3-5 maksimal 30 hari kalender atau dana harus dikembalikan ke kas negara dari rekening penampungan.

13. Nilai IPK turun, apakah status saya sebagai penerima Bidikmisi akan dicabut (penghentian bantuan) ?

Memang ada monitoring IPK dan IPS Anda per semester melalui pelaporan IPK yang dikirimkan pihak PT ke dikti. Untuk detailnya bisa ditanyakan ke bagian kemahasiswaan Perguruan Tinggi.

Pada prinsipnya jika masih bisa dibina dan lulus tepat waktu, lebih baik dipertahankan. Dari kebijakan kami, hal yang bisa menjadikan penghentian pemberian bantuan bidikmisi diantaranya adalah :
  • Tidak memenuhi syarat akademik yang ditetapkan, hal ini sering terjadi di politeknik
  • Ternyata tidak memenuhi syarat ekonomi. Misal ada laporan bahwa ada salah satu penerima keluarga yang bisa berangkat umroh tiap tahun namun putra putrinya penerima bidikmisi yang mengaku kurang mampu
  • Menjadi mahasiswa tidak aktif, hal ini biasanya disebabkan oleh cuti atau pergi ke luar negeri.

Untuk infomasi penting lainnya seperti Syarat Pendaftaran Bidikmisi, Jadwal Pendaftaran Bidikmisi, Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi, dan Jalur-jalur Penyaluran Bidikmisi, silahkan baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran Bidikmisi

Demikianlah informasi Tanya Jawab Seputar Bidikmisi, semoga bisa memberikan solusi atas permasalahan anda. Terima kasih atas waktu luang anda. Mari berbagai info ini pada teman lainnya.