Pendaftaran UNPATTI 2018/2019 (Universitas Pattimura)

www.unpatti.ac.id 2018 -- PMB UNPATTI, Pendaftaran UNPATTI Online, Pendaftaran Online UNPATTI, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNPATTI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNPATTI, Panduan Pendaftaran UNPATTI, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNPATTI, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Pattimura. 2019. 2020.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UNPATTI 2018/2019 (Universitas Pattimura). Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNPATTI. Mari ikuti pembahasannya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

UNPATTI atau Universitas Pattimura adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Ambon yang telah didirikan pada 8 Agustus 1962.

Lokasi kampus UNPATTI yaitu di Jl. Ir. M. Putuhena, Kampus Poka, Ambon, Maluku, Indonesia.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Pattimura (UNPATTI), yaitu :

Fakultas Hukum
  • Program Sarjana : Program Studi Ilmu Hukum
  • Program Magister : Program Studi Ilmu Hukum
  • Program Doktor : Program Studi Ilmu Hukum
Fakultas Pertanian
  • Program Sarjana : Program Studi Agroekoteknologi, Program Studi Agribisnis, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Program Studi Kehutanan, Program Studi Peternakan.
  • Program Magister : Program Studi Pengolahan Lahan, Program Studi Manajemen Hutan
Fakultas Ekonomi
  • Program Sarjana : Program Studi Ekonomi Pembangunan, Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi
  • Program Magister : Program Studi Ilmu Ekonomi, Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Program Sarjana : Program Studi Pendidikan Fisika, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Pendidikan Kimia, Program Studi Pendidikan Geografi, Program Studi pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Studi PKN, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling, Program Studi Penjaskesrek, Program Studi PGSD
  • Program Magister : Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Bahasa Inggris, Program Studi Bahasa Jerman
Fakultas Teknik
  • Program Sarjana : Program Studi Teknik Mesin, Program Studi Teknik Industri, Program Studi Teknik Perkapalan, Program Studi Teknik Sistem Perkapalan, Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota
Fakultas Perikanan dan Kelautan
  • Program Sarjana : Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Program Studi Manajemen Ilmu Kelautan, Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Program Studi Budidaya Perairan, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Program Studi Agrobisnis Perikanan
  • Program Magister : Program Studi Ilmu Kelautan, Program Studi Manajemen Sumber Daya Kelautan dan Pulau-Pulau Kecil, Program Studi Ilmu Kelautan
  • Program Doktor : Program Studi Ilmu Kelautan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Program Sarjana : Program Studi Administrasi Negara, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Program Studi Sosiologi
  • Program Magister : Program Studi Administrasi Publik, Program Studi Sosiologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Program Sarjana : Program Studi Matematika, Program Studi Fisika, Program Studi Kimia, Program Studi Biologi
Fakultas Kedokteran
  • Program Sarjana : Program Studi Pendidikan Dokter

Itulah daftar Fakultas dan Program Studi yang ada di UNPATTI nantinya bisa anda pilih saat anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNPATTI.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNPATTI dengan mengikuti jalur seleksi masuk UNPATTI, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, serta PPs UNPATTI. Simak informasinya berikut ini.

1. Pendaftaran UNPATTI Jalur SNMPTN

Jalur SNMPTN dikenal dengan sebutan jalur seleksi undangan. Jalur ini diselenggarakan oleh Pemerintah. Dalam hal ini. Pemerintah bertindak sebagai panitia seleksi calon mahasiswa baru.

Seleksi jalur SNMPTN didasarkan pada prestasi-prestasi yang dimiliki siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah, terutama dilihat dari nilai raport siswa.

Proses pendaftaran SNMPTN diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya ke PDSS SNMPTN di alamat pdss.snmptn.ac.id kemudian siswa-siswi juga melakukan verifikasi data pendaftaran di alamat tersebut.

Setelah proses pendaftaran di PDSS SNMPTN selesai, selanjutnya proses pemeringkatan oleh panitia, san terakhir yaitu proses pendaftaran SNMPTN oleh siswa di alamat web.snmptn.ac.id

Panduan pendaftaran, tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, tahapan seleksi, jumlah pilihan PTN dan Prodi, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca selengkapnya pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran UNPATTI Jalur SBMPTN

Jalur SBMPTN juga merupakan jalur seleksi nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah yang bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memiliki kemampuan sesuai ketentuan.

Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) untuk semua peserta dan khusus untuk peserta yang mmeilih program studi bidang seni dan keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Proses pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN lengkap, dan informasi lainnya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

3. Pendaftaran UNPATTI Jalur Mandiri

Selain turut serta dalah jalur seleksi nasional, UNPATTI juga membuka jalur seleksi mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Seleksi jalur mandiri dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta.

Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional di atas namun pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus, maka anda masih memiliki kesempatan untuk masuk ke UNPATTI melalui jalur mandiri ini.

Persiapkan diri anda dengan sebaik mungkin agar keinginan anda untuk bisa lulus seleksi masuk ke UNPATTI dapat terkabulkan. Amin.

Proses pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online melalui alamat web UNPATTI. Calon peserta dapat membaca informasi pendaftaran melalui alamat www.unpatti.ac.id . Silahkan akses alamat tersebut.

4. Pendaftaran Bidikmisi UNPATTI

Bidikmisi hadir untuk membantu pada calon mahasiswa dari keluarga miskin untuk membiaya masa perkuliahan normal dari segi biaya pendidikan dan biaya hidup.

Proses pendaftaran Bidikmisi diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswanya sebagai calon peserta Bidikmisi. Setelah mendapatkan rekomendasi, kemudian calon peserta dapat melanjutkan pendaftaran Bidikmisi dengan mengakses alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id lalu pilih menu siswa. Silahkan login menggunakan kode akses dari Kepala Sekolah.

Bidikmisi yang dapat diikuti di UNPATTI yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN, Bidikmisi jalur SBMPTN, dan apabila dibuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri.

Pembahasan lebih lanjut mengenai Bidikmisi seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksaan, tata cara pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi.

5. Pendaftaran Pascasarjana UNPATTI

UNPATTI kembali membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda lulusan Sarjana yang ingin melanjutkan ke jenjang Magister atau lulusan Magister yang ingin melanjutkan ke jenjang Doktor, maka bisa memilih UNPATTI sebagai kampus untuk menambah ilmu anda.

Informasi seputar pendaftaran program Pascasarjana UNPATTI dapat anda lihat langsung di website resmi UNPATTI di alamat www.unpatti.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UNPATTI (Universitas Pattimura) yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan bagi anda. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Ayo turut bagikan informasi ini dengan teman anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang telah tersedia atau bisa juga share di fb. Terima kasih dan sampai jumpa kembali.