Pendaftaran UNICEN 2018/2019 (Universitas Cenderawasih)

www.unicen.ac.id 2018 -- PMB UNICEN, Pendaftaran UNICEN Online, Pendaftaran Online UNICEN, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNICEN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNICEN, Panduan Pendaftaran UNICEN, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, PPs UNICEN, Pendaftaran Calon Mahasisa Baru Universitas Cenderawasih. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNICEN 2018/2019 (Universitas Cenderawasih). Informasi ini ditujukan bagi anda yang ingin kuliah di UNICEN. Informasi selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Kota Jayapura merupakan ibukota dari Provinsi Papua. Di Jayapura terdapat sebuah Perguruan Tinggi ternama yaitu UNICEN.

UNICEN atau Universitas Cenderawasih adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Jayapura, tepatnyd di  Jl. Uncen, Papua, Indonesia. Universitas Cenderawasih (UNICEN) didirikan pada 10 November 1962.

Fakultas yang ada di Universitas Cenderawasih (UNICEN) yaitu :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Kampus Abepura)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Kampus Waena & Abepura)
  • Fakultas Hukum (Kampus Waena & Abepura)
  • Fakultas Ekonomi (Kampus Waena)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Kampus Waena)
  • Fakultas Teknik (Kampus Waena)
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kampus Abepura)
  • Fakultas Kedokteran (Kampus Abepura)

Itulah sedikit informasi tentang UNICEN. Dari sedikit informasi tersebut jika dilihat dari fakultas dan program studi yang ada di dalamnya, mungkin saja ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNICEN.

Pada tahun ini, UNICEN kembali membuka beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru, baik melalui jalur seleksi nasional ataupun jalur seleksi mandiri. Jalur seleksi nasional yang dibuka terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi. Penjelasan mengenai jalur seleksi masuk UNICEN diberikan berikut ini.

1. Pendaftaran Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi undangan nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Salah satunya masuk ke UNICEN.

Jalur SNMPTN hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini. Jadi tidak semua siswa dapat mengikuti seleksi jalur SNMPTN karena hanya untuk siswa-siswi berprestasi.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan dengan mengisi borang pendaftaran di PDSS SNMPTN, kemudian siswa juga melakukan verifikasi data di PDSS SNMPTN pada alamat pdss.snmptn.ac.id

Setelah melakukan verifikasi data PDSS SNMPTN, selanjutnya dapat melakukan pendaftaran SNMPTN di alamat web.snmptn.ac.id

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, pilihan PTN, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

2. Pendaftaran Jalur SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi calon peserta lulusan sekolah 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Seleksi jalur SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) yang diperuntukkan semua calon peserta, sedangkan untuk peserta yang memilih program studi bidang seni atau keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Untuk proses pendaftaran SBMPTN, maka dapat dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id , silahkan akses alamat tersebut untuk mendaftar.

Bagi yang membutuhkan panduan pendaftaran dan informasi lengkap mengenai SBMPTN, maka dapat anda baca secara full pada artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

3. Pendaftaran Jalur Bidikmisi

Bidikmisi adalah pemberian biaya bantuan pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi. Dengan adanya Bidikmisi ini, diharapkan calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu bisa kuliah di Perguruan Tinggi.

Proses pendaftaran di awali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya ke alamat Bidikmisi. Selanjutnya akan mendapatkan kode akses pendaftaran untuk masing-masing siswa.

Siswa atau calon peserta melakukan pendaftaran Bidikmisi menggunakan kode akses pendaftaran ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Bidikmisi yang dapat diikuti yang ada di UNICEN yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Apabila dibuka maka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Untuk lebih jelasnya nanti dapat anda lihat di website resmi UNICEN.

Untuk panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca secara lengkap pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh UNICEN. Jalur ini dapat dikatakan sebagai jalur alternatif masuk ke UNICEN.

Untuk bisa lulus maka ana perlu melakukan persiapan yang lebih baik dari pada sebelumnya. Informasi pendaftaran selengkapnya dapat anda baca pada website resmi UNICEN di alamat unicen.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNICEN (Universitas Cenderawasih). Mudahan-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNICEN melalui jalur yang anda ikuti. Selain itu, admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web infopmb.com yang telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.

Cukup sekian info dari admin dan terima kasih. Mari turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan informasi ini.