Pendaftaran IPB 2018/2019 (Institut Pertanian Bogor)

admisi.ipb.ac.id 2018 -- PMB IPB, Admisi IPB, Pendaftaran IPB Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru IPB, Pendaftaran Online IPB, Penerimaan Mahasiswa Baru IPB, Seleksi Mahasiswa Baru IPB, Info Pendaftaran IPB, Cara Pendaftaran IPB, Panduan Pendaftaran IPB, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs IPB, Bidikmisi IPB, Institut Pertanian Bogor, IPB. 2020. 2021.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran IPB 2018/2019 (Institut Pertanian Bogor). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi bahan panduan bagi anda yang akan mendaftar IPB. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Sekilas Informasi Tentang Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor atau dikenal dengan nama IPB adalah Perguruan Tinggi Pertanian Negeri yang terletak di Bogor tepatnya di Jl. Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Institut Pertanian Bogor (IPB) telah didirikan pada tanggal 1 September 1963. Moto dari Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah "Searching and Serving the Best" atau dalam bahasa Indonesia yaitu "mencari dan memberi yang terbaik".

Lokasi perkuliahan Institut Pertanian Bogor (IPB) terletak di 5 Kampus yaitu : Kampus IPB Baranang Siang, Kampus IPB Dramaga, Kampus IPB Gunung Gede, Kampus IPB Cilibende, dan Kampus IPB Taman Kencana.

Pada saat ini, banyak sekali Fakultas dan Program Studi yang ada di IPB, baik untuk jenjang Diploma, Sarjana, maupun Pascasarjana.  Fakultas dan Program Studi tersebut yaitu :

Fakultas dan Program Studi Program Diploma IPB
  • Terdiri dari Program Keahlian : Komunikasi, Ekowisata, Manajemen, Teknik Komputer, SJMP, Gizi, Teknik Industri Benih, Perikanan Budidaya, Manajemen Ternak, Manajemen Agribisnis, Program Diploma Manifaktur / Jasa, Analisis Kimia, Teknik Lingkungan, Akuntansi, Teknik Perkebunan, Produksi Pertanian, Perkebunan Kelapa Sawit.
Fakultas dan Program Studi Program Sarjana IPB
  • Fakultas Pertanian (FAPERTA) terdiri dari program studi Manajemen Sumberdaya Lahan, Agronomi Dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, dan Arsitektur Lansekap.
  • Fakultas Kedokteran Hewan (Fkh) terdiri dari program studi Kedokteran Hewan.
  • Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan (FPIK) terdiri dari program studi Teknologi & Manajemen Perikanan Budidaya, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi Hasil Perairan, Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap, dan Ilmu Dan Teknologi Kelautan.
  • Fakultas Peternakan (FAPET) terdiri dari program studi Teknologi Produksi Ternak, dan Nutrisi Dan Teknologi Pakan.
  • Fakultas Kehutanan (FAHUTAN) terdiri dari program studi Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan& Ekowisata, dan Silvikultur.
  • Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) terdiri dari program studi Teknik Mesin Dan Biosistem, Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, dan Teknik Sipil Dan Lingkungan.
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari program studi Statistika, Meteorologi Terapan, Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer, Fisika, dan Biokimia.
  • Fakultas Ekonomi Dan Manajemen (FEM) terdiri dari program studi Ekonomi Dan Studi Pembangunan, Manajemen, Agribisnis, Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, dan Ekonomi Syariah.
  • Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) terdiri dari program studi Ilmu Gizi, Ilmu Keluarga dan Konsumen, Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.
  • Sekolah Bisnis terdiri dari program studi Bisnis.
Fakultas dan Program Studi Program Pascasarjana IPB
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi Ilmu Tanah (TNH), Agroteknologi Tanah (ATT), Mitigasi Bencana Kerusakan Lahan (MBK), Bioteknologi Tanah dan Lingkungan (BTL), Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), Ilmu Perencanaan Wilayah (PWL), Ilmu dan Teknologi Benih, Agronomi dan Hortikultura, Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman (PBT), Entomologi (ENT), Fitopatologi (FIT), dan Arsitektur Lanskap (ARL).
  • Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari program studi Anatomi dan perkembangan Hewan (APH) / Biologi Perkembangan (BPK), Ilmu-Ilmu Faal dan Khasiat Obat (IFO), Kesehatan Masyarakat Verteriner (KMV), Mikrobiologi Medik (MKM), Parasitologi dan Entomologi Kesehatan (PEK), Biologi Reproduksi (BRP), dan Ilmu Biomedis Hewan (IBH),
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan terdiri dari program studi Ilmu Akuakultur (AKU), Ilmu Kelautan (IKL), Teknologi Kelautan (TEK), Pengelolaan Sumberdaya Perairan (SDP), Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (SPL), Sistem dan Pemodelan Perikanan Tangkap (SPT), Teknologi Perikanan Tangkap (TPT), dan Teknologi Hasil Perairan (THP).
  • Fakultas Peternakan terdiri dari program studi Ilmu Nutrisi dan Pakan (INP), dan Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (ITP).
  • Fakultas Kehutanan terdiri dari program studi Ilmu dan Teknologi Hasil Hutan (THH), Rekayasa dan Peningkatan Mutu Hasil Hutan (RPM), Teknologi Serat dan Komposit (TSK), Konservasi Biodiversitas Tropika (KVT), Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan (MEJ), Ilmu Pengelolaan Hutan (IPH), dan Silvikultur Tropika (SVK).
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari program studi Ilmu Pangan (IPN), Ilmu Keteknikan Pertanian (TEP), Teknik Mesin Pertanian dan Pangan (TMP), Teknologi Pascapanen (TPP), Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), dan Teknologi Industri Pertanian (TIP)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari program studi Biokimia (BIK), Biologi Tumbuhan (BOT), Biosains Hewan (BSH), Mikrobiologi (MIK), Biofisika (FIS), Klimatologi Terapan (KLI), Ilmu Komputer (KOM), Kimia (KIM), Matematika Terapan (MAT), Statistika (STK), dan Statistika Terapan (STT)
  • Fakultas Ekonomi dan Manajemen terdiri dari program studi Ilmu Ekonomi (EKO), Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan (PWD), Ilmu Manajemen (MAN), Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), Ekonomi Sumberdaya Kelautan Tropika (ESK), Ilmu Ekonomi Pertanian (EPN), dan Magister Sains Agribisnis (AGB)
  • Fakultas Ekologi Manusia terdiri dari program studi Ilmu Gizi Manusia (GMA), Ilmu Gizi Masyarakat (GMS), Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak (IKA), Ilmu Konsumen (IKO), Ilmu Penyuluhan Pembangunan (PPN), Komunikasi Pembangunan Pertanian Pedesaan (KMP), Sosial Pedesaan (SPD).
  • Program Multidisiplin terdiri dari program studi Bioteknologi (BTK), Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL), dan Primatologi (PRM).
  • Program Profesional terdiri dari program studi Magister Profesional Hortikultura, Magister Profesional Perbenihan, Magister Profesional Perkebunan, Magister Profesi Konservasi Keanekaragaman Hayati, Magister Profesional Industri Kecil dan Menengah, Magister Profesional Teknologi Pangan, Magister Teknologi dan Informasi untuk Perpustakaan, Magister Manajemen Pembangunan Daerah, Magister Profesional Pengembangan Masyarakat, Magister Manajemen Ketahanan Pangan, Program Manajemen dan Bisnis, dan Master of Science in Information Technology for Natural Resources Management.

Dari sekian banyaknya program studi yang ada di IPB, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IPB.

Ketika anda akan mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru IPB, tentunya anda harus mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh IPB.

Jalur-jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pada tahun ini, IPB kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur-jalur tersebut dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

Jalur nasional yang dibuka oleh ITB yaitu SNMPTN dan SBMPTN yang diperuntukkan bagi calon peserta yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana IPB.

Sedangkan jalur mandiri yang dibuka yaitu jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD), Ujian Talenta Masuk (UTMI), Prestasi Internasional-Nasional (PIN) IPB, Program Alih Jenis, Program Diploma, dan Jalur Masuk Sekolah Pascasarjana.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru IPB tersebut, mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran SNMPTN IPB

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor, UN, Porofolio dan prestasi lain yang relevan.

Siswa yang secara konsisten menunjukkan presatasinya disetiap semester akan mendapatkan kesempatan mengikui jalur SNMPTN. Jalur SNMPTN ini dibuka menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana.

Siswa-siswi berprestasi yang ingin mendaftar jalur ini terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah itu dapat melakukan pendaftaran SNMPTN ke alamat www.snmptn.ac.id

Informasi seperti tata cara memberikan rekomendasi, tata cara pendaftaran oleh peserta, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SBMPTN

Untuk calon peserta SNMPTN yang beraal dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi, maka dapat mengikuti program Bidikmisi jalur SNMPTN.

B. Pendaftaran SBMPTN IPB

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru jenjang Sarjana dimana seleksinya dilakukan melalui ujian soal dan ujian keterampilan.

Ujian soal dilakukan secara tertulis atau menggunakan komputer yang diperuntukkan bagi semua peserta SBMPTN, sedangkan ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Keolahragaan.

Pendaftaran SBMPTN dilakuka secara online melalui alamat www.sbmptn.ac.id. Informasi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN.

Untuk calon peserta SBMPTN yang beraal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka dapat mengajukan Bidikmisi atas rekomendasi dari Kepala Sekolah. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi SBMPTN.

C. Pendaftaran Bidikmisi IPB

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik dan berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi.

IPB menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyalurkan Bidikmisi kepada calon mahasiswa. Bidikmisi disalurkan melalui jalur nasional yaitu Bidikmisi SNMPTN dan Bidikmisi SBMPTN, serta Bidikmisi jalur mandiri jika IPB membukanya.

Peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mendapatkan kode akses pendaftaran. Selanjutnya mendaftar Bidikmisi menggunakan kode akses pendaftaran tersebut ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Setelah mendaftar Bidikmisi, selanjutnaya mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur nasional atau jalur mandiri. Setelah lulus seleksi, maka memiliki peluang untuk mendapatkan Bidikmisi.

Peserta yang mendapatkan Bidikmisi akan biayai kuliahnya selama 8 semester untuk jenjang Sarjana dan 6 semester untuk jenjang Diploma-III.

D. Pendaftaran Beasiswa Utusan Daerah (BUD)

Beasiswa Utusan Daerah (BUD) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Pascasarjana IPB yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki komitmen tinggi untuk membangun daerahnya.

Selama kuliah, biaya ditanggung oleh pemerintah pusat / daerah, perusahaan atau lembaga swasta, dan setelah lulus dari pendidikan, maka harus kembali kedaerah dan membangun daerahnya.

E. Pendaftaran Ujian Talenta Masuk (UTMI) IPB

Ujian Talenta Masuk (UTMI) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana di IPB yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan, kewirausahaan, dan pertanian.

Persyaratan Pendaftaran UTMI
  • Calon Peserta adalah lulusan SMA/MA IPA untuk lulusan 3 tahun terakhir
  • Memiliki kesehatan jasmani dan rohani

F. Pendaftaran Prestasi Internasional-Nasional (PIN) IPB

Prestasi Internasional-Nasional (PIN) IPB merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana IPB yang diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SLTA yang memiliki prestasi luar biasa di dalam kegiatan ekstra kurikuler.

Persyaratan Calon Peserta :
  1. Lulusan tahun ini
  2. Selama di SLTA pernah menjadi finalis dalam lomba di tingkat internasional, nasional, atau IPB antara lain dalam kegiatan :
    • Lomba Karya Ilmiah, Matematika Ria
    • Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika
  3. Mengirim berkas lamaran ditujukan ke Rektor IPB
Calon Mahasiswa :
  1. Diundang oleh Rektor IPB
  2. Tidak memalsukan dokumen dalam berkas lamaran
  3. Membayar biaya pendidikan
  4. Menyerahkan fotokopi Ijazah, NUN, dan rapor, serta Daftar Riwayat Hidup
  5. Menyerahkan pasfoto terbaru untuk KTM/ATM
  6. Melengkapi formulir registrasi

G. Pendaftaran Program Alih Jenis IPB

Program Alih Jenis merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru untuk lulusan D-III yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana yang relevan di IPB. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Calon peserta adalah lulusan program D3 dari program studi/program keahlian yang relevan dan sudah terakreditasi minimal B.
  2. Ketetentuan IPK yang tercantum pada transkrip akhir Program Diploma yaitu :
    • IPK lebih dari atau sama dengan 3,00. 
    • Khusus untuk Pelamar Program Studi Ilmu Gizi IPK Minimal 3,00 untuk calon mahasiswa tugas belajar atau sudah bekerja di bidang yang relevan dengan bidang gizi
    • IPK minimal 3,50 untuk pelamar fresh graduate (lulus maksimal 2 tahun terakhir)
Persyaratan Registrasi

Peserta yang telah lulus ujian tertulis dan diterima oleh IPB wajib melakukan registrasi ulang sesuai dengan jadwal pelaksanan dengan membawa persyaratan yang mencakup:
  1. Foto copy ijazah dan transkrip program D3 yang dilegalisir dan menunjukkan dokumen aslinya sebanyak 2 (dua) lembar.
  2. Bukti LUNAS biaya pendaftaran, seleksi dan Uang Kuliah Semester Pertama
  3. Surat keterangan sehat dari RS Pemerintah
  4. Surat kesanggupan membayar biaya pendidikan/pernyataan beasiswa dari institusi yang berwenang
  5. Surat izin pimpinan bila sudah bekerja
  6. Surat kesediaan mengikuti perkuliahan (kuliah, praktikum dan kegiatan akademik lainnya) secara penuh
  7. Pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.

H. Pendaftaran Program Diploma IPB

Penerimaan mahasiswa baru Program Diploma IPB dilakukan melalui dua jalur yaitu Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) dan Pendaftaran Langsung (Reguler).

Undangan Seleksi Masuk IPB merupakan jalur seleksi undangan masuk ke IPB untuk jenjang Diploma yang seleksinya dilakukan melalui nilai rapor, tanpa tes tulis. Ketentuan IPB pada jalur ini :
  1. IPB mengundang sekolah setingkat SMU untuk mengirim siswa/siswinya menjadi calon mahasiswa baru Program Diploma.
  2. Seleksi didasarkan pada prestasi akademik calon mahasiswa, tanpa tes tertulis.
Seleksi jalur reguler dilakukan secara langsung di kampus IPD dimana seleksinya dilakukan melalui tes tertulis. Ketentuan IPB pada jalur ini :
  1. Calon mahasiswa mendaftar pada loket pendaftaran yang dibuka oleh Direktorat Program Diploma IPB.
  2. Seleksi didasarkan pada hasil tes tertulis/lisan dan prestasi akademik calon mahasiswa.
Persyaratan Umum Pendaftaran
  1. Sehat Jasmani dan Rohani
  2. Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan Surat dari Dokter
  3. Tidak dalam kasus pidana yang mempunyai putusan tetap dari pengadilan
  4. Tidak memalsukan dokumen pendaftaran seperti memalsukan nilai rapor dan tindak pemalsuan lainnya
Persyaratan Administrasi
  1. Membayar Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran Secara Online di Halaman Pendaftaran IPB
  3. Melengkapi berkas pendaftaran ulang (jika dinyatakan lulus):
    • Fotokopi Rapor Semester 1-6 dilegalisir kepala sekolah.
    • Fotokopi Ijazah dilegalisir kepala sekolah
    • Fotokopi Akte Kelahiran atau Surat Kenal Lahir
    • Surat Keterangan Kelakukan Baik dari Kepolisian.
    • Pas Foto terbaru berwarna 2x3 dan 3x4 masing-masing 2 lembar.
    • Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter.
    • Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter.
    • Fotocopy Identitas Diri yang Sah.
    • Penghasilan Orang Tua

I. Pendaftaran Sekolah Pascasarjana IPB

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, IPB juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana (Magister dan Doktor).

Pendaftaran Pascasarjana IPB dilakukan secara online melalui alamat http://pmbpasca.ipb.ac.id/id/ . Calon peserta harus membayar biaya pendaftaran yang dibayarkan melalui Bank BNI. Informasi selengkapnya dapat anda lihat di alamat website Pascasarjana IPB di atas.

Penting!!!
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru IPB jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana IPB dapat anda baca pada alamat website admisi.ipb.ac.id

Dari sekian banyaknya jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh IPB tersebut, maka pilihlah salah satu jalur yang diprediksikan dapat memberikan peluang paling besar untuk memberikan kelulusan.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi IPB.

Baca Juga :


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran IPB (Institut Pertanian Bogor). Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan bagi anda terutama calon mahasiswa baru IPB.

Adin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk IPB melaui jalur yang anda ikuti. Selain itu, admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web infopmb.com yang setiap hari selalu berkunjung. Sekian penutup dari admin dan salam sukses untuk semuanya. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) informasi ini pada teman lainnya.