Pendaftaran UNNES 2018/2019 (Universitas Negeri Semarang)

spmu.unnes.ac.id 2018 -- PMB UNNES, SPMU UNNES, Pendaftaran UNNES Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNNES, Pendaftaran Online UNNES, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNNES, Panduan Pendaftaran UNNES, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNNES, Bidikmisi UNNES, Universitas Negeri Semarang. 2020. 2021.

Informasi yang akan admin sampai pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UNNES 2018/2019 (Universitas Negeri Semarang). Dengan adanya informasi pada artikel ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNNES.

http://www.infopmb.com/

Kota Semarang termasuk dalam jajaran kota terbesar di Indonesia. Di kota ini banyak sekali didirikan PTN-PTN ternama seperti UNDIP, UNNES, UIN Walisongo, dan lain sebagainya.

UNNES atau Universitas Negeri Semarang adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kota Semarang. Moto dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah Sutera (Sehat, Unggul, Sejahtera)

UNNES telah didirikan sejak tahun 1965 di kota Semarang sebagai IKIP Negeri Semarang dan pada tahun 2000 berubah status menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Pada saat ini, telah banyak sekali Fakultas dan Program Studi yang diselenggarakan oleh Unversitas Negeri Semarang (UNNES), yaitu :
  • Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Teknologi Pendidikan (S1), Pendidikan Luar Sekolah (S1), Bimbingan dan Konseling (S1), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Psikologi (S1), dan Pendidikan Guru PAUD (S1).
  • Fakultas Bahasa dan Seni terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1), Satra Jawa (S1), Sastra Indonesia (S1), Sastra Inggris (S1), Sastra Perancis (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Bahasa Prancis (S1), Pendidikan Bahasa Jepang (S1), Pendidikan Bahasa Arab (S1), Pendidikan Bahasa Mandarin (S1), Pendidikan Seni Rupa (S1), Seni Rupa Konsentrasi Desain Komunikasi Visual (S1), Pendidikan Seni Tari (S1), dan Pendidikan Seni Musik (S1).
  • Fakultas Ilmu Sosial terdiri dari program studi Pendidikan Sejarah (S1), Ilmu Sejarah (S1), Pendidikan Geografi (S1), Geografi (S1), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1), Pendidikan Sosiologi dan Antropologi (S1), Ilmu Politik (S1)
  • Fakultas Matematika dan IPA terdiri dari program studi Pendidikan Matematika (S1), Matematika (S1), Pendidikan Fisika (S1), Fisika (S1), Pendidikan Kimia (S1), Kimia (S1), Pendidikan Biologi (S1), dan Biologi (S1), Pendidikan IPA (S1), dan Teknik Informatika (S1).
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Pendidikan Teknik Bangunan (S1), Teknik Arsitektur (S1), Teknik Sipil (S1), Pendidikan Teknik Mesin (S1), Pendidikan Teknik Otomotif (S1), Teknik Mesin (S1), Pendidikan Teknik Elektro (S1), Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (S1), Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Busana (S1), Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Boga (S1), Teknik Kimia (S1), dan Teknik Tata Kecantikan (S1).
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan terdiri dari program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1),  Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1), Ilmu Keolahragaan (S1), Pendidikan Kepelatihan Olah Raga (S1), dan Kesehatan Masyarakat (S1)
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi(S1), Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1), Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran (S1), Akuntansi (S1), Manajemen (S1), Ekonomi Pembangunan (S1).
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum (S1).
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi Ilmu Ekonomi (S2), Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2), Manajemen Kependidikan (S3), Pendidikan Fisika (S2), Pendidikan Luar Sekolah (S2), Pendidikan Matematika (S3), Pendidikan Matematika (S2), Pendidikan IPS (S2), Pendidikan IPS (S3), Pendidikan Bahasa Indonesia (S2), Pendidikan Bimbingan Konseling (S2), Pendidikan Bahasa Indonesia (S3), Bimbingan dan Konseling (S2), Pendidikan Bahasa Inggris (S3), Pendidikan Ekonomi (S2), Pendidikan Kejuruan (S2), Pendidikan Seni (S3), Pendidikan IPA (S2), Pendidikan Bahasa Inggris (S2), Pendidikan Seni (S2), Pendidikan Olahraga (S3), Manajemen Kependidikan (S2), Pendidikan Dasar (S2), Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) (S2), Pendidikan Olahraga (S2), Manajemen Pendidikan (S2), Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)

Dari informasi di atas, terutama melihat banyaknya program studi yang diselenggarakan oleh UNNES, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNNES tahun ini.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNNES, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu informasi tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNNES.

Dengan mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNNES, maka anda dapat memilih salah satu jalur yang akan anda ikuti dan tentunya memilih jalur yangdiprediksikan dapat memberikan peluanga paling besar untuk kelulusan anda.

Berikut akan diinformasikan mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNNES yang dibedakan menjadi jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNNES Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Jalur tersebut terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi. Berikut keterangan lebih lanjut mengenai masing-masing jalur tersebut.

1. Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang didasarkan pada nilai raport siswa serta prestasi-prestasi lainnya.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi dengan mengisi data-data di alamat pdss.snmptn.ac.id. Selanjutnya siswa juga melakukan verifikasi data di alamat tersebut. Jika telah melakukan verifikasi, selanjutnya siswa melakukan pendaftaran SNMPTN di alamat web.snmptn.ac.id

Bacaan penting :
Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN merupakan pola seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tes tertulis (CBT/PBT) untuk semua peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni atau Keolahragaan.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi Nasional

UNNES adalah salah satu PTN yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur bidikmisi nasional yaitu Bidikmisi SNMPTN atau Bidikmisi SBMPTN. Bagi anda yang dapat memenuhi persyaratan Bidikmisi, maka dapat mendaftarkan diri ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id . Informasi lebih lanjut silahkan baca di Pendaftaran Bidikmisi

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNNES Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan langsung oleh UNNES untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Ada beberapa jalur mandiri yang dibuka oleh UNNES. Berikut keterngan selengkappnya.

1. Pendaftaran S1 Jalur Prestasi

S1 Jalur Prestasi merupakan jalur seleksi mandiri UNNES tanpa ujian tertulis yang diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, lomba bidang keagamaan, dan/atau prestasi ekstrakurikuler lain.

2. Pendaftaran S1 dan D3 Jalur Reguler

Jalur S1 dan D3 Reguler merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNNES yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Jalur ini juga dapat dikatakan bagi anda yang telah mengikuti jalur sebelumnya tetapi tidak lulus, maka dapat kembali mendaftar jalur ini.

3. Pendaftaran S1 dan D3 Jalur Bidikmisi

Jalur Bidikmisi S1 dan D3 merupakan jalur Bidikmisi mandiri yang diselenggarakan oleh UNNES yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang ingin kuliah jenjang Diploma atau Sarjana di UNNES.

4. Pendaftaran Pendidikan Profesi

Bagi anda yang ingin melanjukan pendidikan profesi di UNNES pada program studi tertentu, maka anda bisa mengikuti seleksi jalur mandiri ini. Informasi selengkapnya lihat di web UNNES.

5. Pendaftaran Jalur Transfer

Bagi anda lulusan D3 yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana di UNNES pada program studi yang relevan, maka nada dapat mengikuti seleksi jalur Transfer.

6. Pendaftaran Pascasarjana UNNES

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana, UNNES adalah salah satu pilihan yang tepat. Penerimaan mahasiswa baru UNNES program Pascasarjana dibedakan menjadi 4 jalur, yaitu S2 & S3 Jalur Reguler, S2 & S3 Jalur Khusus, S2 & S3 Jalur Kerjasama, dan S2 & S3 Jalur Beasiswa. Silahkan melakukan pendaftaran pada waltu yang telah ditentukan.

Penting!!!
Untuk informasi yang belum dimuat disini berkaitan dengan jalur mandiri UNNES jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana UNNES, maka informasi selengkapnya dapat anda baca di web UNNES di alamat penerimaan.unnes.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UNNES (Universitas Negeri Semarang) yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNNES.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UNNES melalui jalur seleksi yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih pengunjung setia yang telah meluangkan waktu untuk membaca informasi di web infopmb.com ini.

Sekian informasi dari admin dan mari kita sama-sama berdoa semoga kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin. Amin. ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) informasi ini pada teman lainnya.