Pendaftaran UNMUL 2018/2019 (Universitas Mulawarman)

www.unmul.ac.id 2018 -- PMB UNMUL, Pendaftaran UNMUL Online, Pendaftaran Online UNMUL, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUL, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNMUL, Panduan Pendaftaran UNMUL, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNMUL, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Mulawarman. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNMUL 2018/2019 (Universitas Mulawarman). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNMUL. Informasi selengkapnya dapat anda baca berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi yang ada di pulau Kalimantan. Di Kalimantan Timur terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti UNMUL, ITK, dan lain-lain.

UNMUL atau Universitas Mulawarman adalah salah satu Universitas Negeri yang berada di kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Universitas Mulawarman (UNMUL) merupakan Universitas tertua di Kalimantan Timur yang telah didirikan pada 27 September 1962.

Kampus utama Universitas Mulawarman (UNMUL) terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya terletak di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris dan Jalan Flores.

Moto yang dimiliki oleh Universitas Mulawarman (UNMUL) adalah "The First State University in East Kalimantan"

Telah banyak Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Mulawarman (UNMUL), yaitu :

Fakultas Ekonomi
  • S1 dan D3 Akuntansi, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Manajemen Keuangan dan Pemasaran, S1 Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, Pendidikan Profesi Akuntansi.
Fakultas Farmasi
  • S1 Farmasi, D3 Farmasi, Program Profesi Apoteker
Fakultas Hukum
  • S1 Hukum: Konsentrasi Hukum Agraria, Hukum Bisnis, Hukum Lingkungan
Fakultas Ilmu Budaya
  • S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Indonesia, S1 Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, D3 Administrasi Perkantoran, D3 Pariwisata, D3 Sekretari, S1 dan D3 Ilmu Administrasi Niaga/ Bisnis, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Pemerintahan Integratif, S1 Ilmu Sosiatri, S1 Psikologi, S1 Sosiologi
Fakultas Kedokteran
  • S1 Pendidikan Dokter, S1 Pendidikan Dokter Gigi, Pendidikan Profesi Dokter, Pendidikan Spesialis Bedah Umum
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Bimbingan dan Konseling, S1 Pendidikan Akuntansi (Konsentrasi), S1 Pendidikan Anak Usia Dini, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Geografi (Konsentrasi), S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Pendidikan Ilmu Komputer (Konsentrasi), S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Luar Sekolah, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Sejarah (Konsentrasi), Pendidikan Profesi Guru   Fakultas Kehutanan
  • S1 Kehutanan
Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • S1 Kesehatan Masyarakat
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Ilmu Komputer, S1 Kimia, S1 Statistika
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • S1 Budidaya Perairan: Teknologi Hasil Perikanan (Konsentrasi), S1 Manajemen Sumberdaya Perairan: Ilmu dan Teknologi Kelautan (Konsentrasi), S1 Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Pertanian, D3 Budidaya Tanaman Perkebunan, S1 Agrobisnis (Sosial Ekonomi Pertanian), S1 Agroteknologi, S1 Peternakan, dan S1 Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Teknik
  • S1 dan D3 Teknik Pertambangan, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Sipil
Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • S1 Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Pascasarjana
  • S2 Administrasi Pendidikan, S2 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Lingkungan, S2 Pendidikan Bahasa Inggris, S2 Pendidikan Luar Sekolah, S2 Pertanian Tropika Basah, S2 Teknologi Pendidikan, S2 dan S3 Ilmu Administrasi, S2 dan S3 Ilmu Ekonomi, S2 dan S3 Ilmu Kehutanan, S2 dan S3 Manajemen, S3 Manajemen Pendidikan

Setelah mengetahui informasi mengenai program studi yang ada di UNMUL, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dapat itu silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNMUL pada tahun ini.

UNMUL membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Penjelasan selengkapnya dapat anda baca dibawah ini.

A. Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUL Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi yang dibuka oleh Pemerintah. Jalur nasional tersebut terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi.

Jalur SNMPTN dikenal dengan seleksi jalur undangan dan biaya pendaftaran gratis, sedangkan jalur SBMPTN dikenal dengan sebutan jalur tertulis dan biaya pendaftaran ditanggung oleh peserta. Berikut informasi lebih lanjut mengenai jalur-jalur tersebut.

1. Pendaftaran SNMPTN

UNMUL adalah salah satu Universitas Negeri yang tergabung dalam seleksi jalur SNMPTN. Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke UNMUL dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SNMPTN sebagai salah satu jalur seleksi masuk UNMUL.

Jalur SNMPTN hanya diperuntukan bagi siswa-siswi berprestasi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut di setiap semester. Prestasi-prestasi siswa tersebut akan dijadikan sebagai dasar seleksi.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya di alamat pdss.snmptn.ac.id. Kemudian siswa juga mengakses alamat tersebut untuk melakukan verifikasi data. Setelah itu melakukan pendaftaran SNMPTN di alamat web.snmptn.ac.id , buka disini.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan hal penting lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.

Bagi calon peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga mampu secara ekonomi, maka dapat mengajukan diri atas usulan Kepala Sekolah untuk mendaftarkan diri sebagai calon peserta Bidikmisi yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis (CBT/PBT) yang diperuntukkan bagi semua peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk calon peserta yang memilih Progam Studi Bidang Keolahragaan atau Seni

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar SBMPTN dapat melakukan pendaftaran secara online mandiri ke alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id

Panduan cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel yang telah dirangkum secara khusus dengan judul Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

Untuk peserta dari keluarga kurang mampu maka dapat mengusulkan diri untuk mendapatkan Bidikmisi yaitu Bidikmisi jalur SBMPTN.

3. Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi adalah salah satu program Dikti untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dengan memberikan biaya pendidikan.

Calon mahasiswa yang ingin mendapatkan Bidikmisi harus mendaftarkan diri atas usulan Kepala Sekolah. Pendaftaran dilakukan melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristek.dikti.go.id. Informasi lebih lanjut silahkan baca di Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi yang ada di UNMUL yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, dan apabila dibuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Lebih jelasnya dapat dilihat di website UNMUL.

B. Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUL Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang dilaksanakan secara langsung oleh UNMUL. Jalur ini dibuka untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin masuk ke UNMUL.

1. Pendaftaran SMMPTN UNMUL

SMMPTN atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh UNMUL untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tulis.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat smmptn.umul.ac.id . Informasi penting lainnya dapat diakses melalui alamat tersebut.

2. Pendaftaran Alih Jenjang UNMUL

Alih Jenjang merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana pada bidang yang relevan. Informsi lebih lanjut dapat dilihat di website UNMUL di alamat www.unmul.ac.id

3. Pendaftaran Pascasarjana UNMUL

Selain menerima mahasiswa baru jejang Diploma atau Sarjana, UNMUL juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, siahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi masuk Pascasarjana yang dibuka UNMUL. Informasi lebih lanjut dapat anda baca di alamat pasca.unmul.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNMUL (Universitas Mulawarman). Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin selaku pengurus web mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web infopmb.com yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Admin juga turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UNMUL. 

Sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Mari turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat.