Pendaftaran UGM 2018/2019 (Universitas Gadjah Mada)

um.ugm.ac.id 2018 -- PMB UGM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM, Penerimaan Mahasiswa Baru UGM, Pendaftaran UGM Online, Pendaftaran Online UGM, Seleksi Mahasiswa Baru UGM, Info Pendaftaran UGM, Cara Pendaftaran UGM, Panduan Pendaftaran UGM, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UGM, PPs UGM, Universitas Gadjah Mada. 2020. 2021.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini yaitu tentang Pendaftaran UGM 2018/2019 (Universitas Gadjah Mada). Informasi ini sangat penting bagi anda terutama yang memiliki keinginan untuk kuliah di UGM. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

Sekilas Informasi Tentang Universitas Gadjah Mada (UGM)

Telah kita kenal selama ini bahwa Yogyakarta disebut dengan kota Pelajar. Mengapa demikian ?, hal tersebut dikarenakan di Kota Yogyakarta banyak sekali berdiri institusi-institusi pendidikan ternama, salah satunya yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM).

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu Universitas Negeri ternama yang ada di Indonesia yang berada d Kota Yogyakarta, tepatnya terletak di Jl. Pancasila (Boulevard), Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia.

Universitas Gadjah Mada (UGM) telah didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 setelah negara Indonesia merdeka. Moto UGM adalah Memimpin Peradaban Bangsa.

Banyak sekali program-program pendidikan yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), diantaranya adalah Program Diploma Sekolah Vokasi, Program Sarjana, Program Profesi, Program Pascasarjana, dan Program Internasional.

Dengan banyaknya program pendidikan yang ada di Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut, maka nanti calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) tinggal memilih program sesuai yang diinginkan.

Melihat banyaknya program pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut, maka Fakultas dan Program Studi yang diselenggarakan untuk masing-masing program juga banyak.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk jenjang Diploma, Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana, yaitu :
  • Fakultas Biologi terdiri dari Program Studi Biologi
  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis terdiri dari Program Studi Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Farmasi
  • Fakultas Filsafat terdiri dari Program Studi Ilmu Filsafat
  • Fakultas Geografi terdiri dari Program Studi Geografi dan Ilmu Lingkungan, Kartografi dan Penginderaan Jauh, dan Pembangunan Wilayah.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Program Studi Pariwisata, Antropologi, Arkeologi, Sastra Asia Barat, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Bahasa Korea, Sastra Nusantara, dan Sastra Prancis.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Politik dan Pemerintahan, Hubungan Internasional, Manajemen & Kebijakan Publik, Komunikasi, Sosiologi, dan Pembangunan Sosial & Kesejahteraan.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, dan Gizi Kesehatan.
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter Gigi, dan Ilmu Keperawatan Gigi.
  • Fakultas Kedokteran Hewan Program Studi Kedokteran Hewan
  • Fakultas Kehutanan terdiri dari Program Studi Manajemen Hutan, Budidaya Hutan, Teknologi Hasil Hutan, dan Konservasi Sumberdaya Hutan.
  • Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) terdiri dari Program Studi Fisika, Kimia, Matematika, dan Ilmu Komputer dan Elektronika.
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Budidaya Pertanian, Perlindungan Tanaman, Tanah, Sosial Ekonomi Pertanian, Mikrobiologi Pertanian, dan Perikanan.
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Nutrisi dan Makanan Ternak, Produksi Ternak, Sosial Ekonomi Peternakan, dan Teknologi Hasil Ternak.
  • Fakultas Psikologi Program Studi Psikologi
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Arsitektur, Teknik Fisika, Perencanaan Wilayah dan Tata Kota, Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Teknik Geologi, Teknik Geodesi Geomatika, Teknik Mesin, Teknik Nuklir, Teknik Industri, Teknik Kimia, dan Teknik Sipil.
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Teknik Pertanian, dan Teknologi Industri Pertanian.
  • Sekolah Vokasi terdiri dari Komputer dan Sistem Informasi, Teknologi Jaringan, Rekam Medis, Bidan Pendidik, Agroindustri, Pengelolaan Hutan, Kesehatan Hewan, Elektronika dan Instrumentasi, Metrologi dan Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Geomatika, Sistem Informasi Geografi dan Penginderaan Jauh, Ekonomika Terapan, Akuntansi, Manajemen, Kearsipan, Bahasa Mandarin, Bahasa Korea, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, dan Kepariwisataan

Dari banyaknya program studi yang ada di UGM, mungkin ada salah satu yang anda minati, untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UGM.

Ketika anda akan mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UGM, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UGM untuk menerima calon mahasiswa baru.


Jalur-jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Gadjah Mada (UGM)


Pada tahun ini, UGM kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dibuka untuk menerima mahasiswa baru khusus jenjang Sarjana. Sedangkan penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, Profesi, Pascasarjana, dan program Internasional.

Agar lebih memahami tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UGM tersebut, maka akan dijelaskan secara rinci berikut ini.

A. Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang Diploma Sekolah Vokasi

1. Pendaftaran PBUTM SV UGM

Jalur PBUTM SV marupaan jalur seleksi program Diloma yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang ingin masuk ke UGM namun terkendala dalam hal biaya pendidikan. Maka peserta dapat mengikuti jalur PBUTM SV UGM.

UGM akan memberikan biaya kuliah gratis selama 6 semester bagi mahasiswa yang demikian itu dengan memenuhi persyaratan prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.

Peserta yang dapat diusukan untuk mengikuti seleksi jalur PBUTM SV UGM adalah 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester satu sampai semester lima, atau sampai semester empat untuk siswa kelas akselerasi, yang dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.

2. Pendaftaran PBUK SV UGM

Jalur ini merupakan program kemitraan antara Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan dengan UGM. Jalur ditujuan bagi putra-putri dari daerah yang memiliki komitmen tinggi untuk membangun daerahnya. Biaya kuliah ditanggung oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel di daerah.

3. Pendaftaran PBUSMAK SV UGM

Jalur ini merupakan jalur seleksi untuk siswa-siswi SMA, MA, dan SMK melalui program seleksi administrasi akademik yang diperoleh siswa-siswi selama di Sekolah.

Siswa-siswi yang dapat diusulkan untuk mengikuti program PBUSMAK SV UGM merupakan 40% siswa terbaik di kelasnya pada semester satu sampai semester lima, atau sampai semester empat untuk siswa kelas akselerasi.

4. Pendaftaran PBUB SV UGM

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi akademik disertai prestasi di bidang IPTEK (ilmu pengetahuan teknologi, olahraga dan seni) sesuai program studi yang akan dipilihnya dengan menyertakan sertifikat kejuaraan yang pernah diraih.

Khusus bidang olahraga dan seni, sertifikat kejuaraan yang diakui oleh UGM adalah :
  • Bidang Olahraga : Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Bridge, Catur, Hoki, Judo, Karate, Kempo, Pencak Silat, Renang, Sepak Bola/Futsal, Softball/Baseball, Taekwondo, Tenis Lapangan, Tenis Meja.
  • Bidang Seni : Fotografi, Marching Band, Orchestra, Paduan Suara, Seni Lukis, Teater, Seni Tari Gaya Yogya, Seni Tari Gaya Surakarta, Seni Tari Bali, dan Seni Tari Kreasi Baru
5. Pendaftaran UTUL UGM

UTUL merupakan jalur masuk ke UGM yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis yang diikuti oleh semua peserta. UTUL UGM untuk program Diploma dibuka untuk 2 gelombang.

Calon peserta yang dapat mendaftar jalur UTUL UGM jenjang Diploma ini merupakan siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA/MAK tiga tahun terakhir.

B. Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang Sarjana

1. Pendaftaran SNMPTN UGM

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi nasional yang dikenal dengan jalur undangan masuk ke PTN se-Indonesia.

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi dari masing-masing sekolah yang secara konsisten selalu menunjukkan prestasinya di setiap semester.

Siswa-siswi berprestasi yang akan mendaftar jalur SNMPTN in terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya dapat melakukan pendaftaran SNMPTN ke alamat www.snmptn.ac.id

Informasi selengkapnya mengenai cara pendaftaran, keiteria penerimaan, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya seleksi, daftar PTN se-Indonesia, jumlah pilihan PTN dan Program studi, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

Untuk calon peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka dapat mengajukan diri untuk mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN.

Terlebih dahulu calon peserta harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah agar memperoleh kode akses pendaftaran. Kemudian mendaftar Bidikmisi secara mandiri menggunakan kode akses dari Kepala Sekolah tersebut.

Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi jalur SNMPTN dapat anda baca pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN UGM

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berkualitas dan diprediksikan mampu menyelesaikan pendidikannya di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Seleksi SBMPTN dilakukan melalui ujian soal dan ujian keterampilan. Ujian soal dilakukan melalui ujian secara tertulis (PBT) atau ujian menggunakan komputer (CBT) yang diikuti oleh semua peserta SBMPTN. Untuk peserta SBMPTN yang memilih program studi bidang Seni atau Keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat www.sbmptn.ac.id. Informasi terkait dapat anda baca pada alamat tersebut atau pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN

Bagi calon peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang secara ekonomi, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SBMPTN.

Informasi Bidikmisi SBMPTN seperti persyaratan, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN.

3. Pendaftaran PBUTM UGM

Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) adalah jalur seleksi untuk siswa-siswi berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu yang dilihat dari pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,- setiap bulannya.

Jika peserta lulus seleksi serta memenuhi ketentuan prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun, maka selama kuliah di UGM, peserta akan kuliah secara gratis karena biaya telah ditanggung oleh UGM.

4. Pendaftaran PBUK UGM

Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) merupakan jalur seleksi prestasi yang diperuntukkan bagi putra-putri berprestasi dari daerah yang memiliki komitmen tinggi untuk membangun daerahnya.

Jalur PBUK merupakan program kemitraan antara UGM dengan Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang telah membuat perjanjian sebelumnya. Jika peserta lulus seleksi jalur PBUK, maka biaya kuliah ditanggung oleh dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan tersebut.

5. Pendaftaran PBUB UGM

Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) merupakan jalur seleksi siswa-siswa berprestasi akademik disertai prestasi di bidang IPTEK seperti pernah menjadi pemenang olimpiade di bidang ilmu pengetahuan tingkat Nasional atau finalis tingkat Internasional, yang disesuaikan dengan program studi yang akan dipilih, ditunjukkan dengan sertifikat kejuaraan.

6. Pendaftaran PBOS UGM

Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS) adalah jalur seleksi yang diperuntukkan siswa yang pernah menjuarai suatu lomba di bidang olahraga atau seni di tingkat provinsi, nasional atau finalis tingkat internasional.

Bidang olahraga dan seni yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  • Bidang Olahraga : Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Bridge, Catur, Hoki, Judo, Karate, Kempo, Pencak Silat, Renang, Sepak Bola/Futsal, Softball/Baseball, Taekwondo, Tenis Lapangan, Tenis Meja
  • Bidang Seni : Fotografi, Marching Band, Orchestra, Paduan Suara, Seni Lukis, Teater, Seni Tari Gaya Yogya, Seni Tari Gaya Surakarta, Seni Tari Bali, dan Seni Tari Kreasi Baru.

7. Pendaftaran UTUL UGM

Ujian Tulis (UTUL) adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh UGM dengan seleksi dilakukan melalui ujian tulis.

Jalur UTUL ini dibuka untuk memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK/MAK yang telah lulus 3 tahun terakhir untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana.

8. Pendaftaran Bidikmisi UGM

UGM merupakan salah satu Universitas Negeri yang memberikan biaya bantuan pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berpotensi akademik untuk mendapatkan Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.ristekdikti.go.id. Peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Bidikmisi UGM disalurkan melalui jalur nasional seperti Bidikmisi SNMPTN dan Bidikmisi SBMPTN yang telah dijelaskan di atas, serta Bidikmisi jalur mandiri jika UGM membukanya.

C. Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang Profesi

Penerimaan mahasiswa baru jenjang Profesi dibuka untuk lulusan Sarjana atau minimal ada Surat keterangan lulus Yudisium dari fakultas.

Program profesi yang dibuka d UGM hanya dilaksanakan oleh program studi tertentu yaitu : Apoteker, Dokter, Dokter Hewan, Dokter Gigi, dan Perawat.

Pendaftaran dilakukan dua kali setahun yaitu setiap awal semester Ganjil dan awal semester Genap.


D. Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang Pascasarjana


1. Pendaftaran Jalur Reguler UGM

Jalur ini dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru dengan biaya sendiri dan calon mahasiswa dari masyarakat umum yang sedang mengajukan beasiswa dari berbagai Kementerian RI. Pelamar BPPDN termasuk dalam kategori ini.

2. Pendaftaran Jalur Kerjasama UGM

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang telah menjadi pegawai yang bekerja di institusi mitra UGM dan biaya kuliahnya ditanggung oleh institusi tersebut, dibuktikan dengan adanya MoU yang masih berlaku

3. Pendaftaran Jalur Internasional UGM

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang merupakan Warga Negara Asing (WNA)


E. Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Program Internasional


Penerimaan mahasiswa baru Program Internasional hanya dibuka untuk fakultas serta jenjang program berikut ini :
  • Indonesian Student
  • International Undergraduate Program (IUP) : Faculty of Economics and Business, Faculty of Law (IUP), Faculty of Medicine, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Faculty of Social and Political Sciences
  • International Postgraduate Program (IPP) :  Faculty of Law (IPP)
  • Foreign Student : Foreign

Penting !!!
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, Profesi, Pascasarjana, dan Program Internasional dapat anda baca di alamat um.ugm.ac.id


Itulah informasi-informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UGM (Universitas Gadjah Mada). Semoga informasi yang telah diberikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda yang ingin kuliah di UGM.

Silahkan anda ikuti jalur seleksi masuk UGM sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian masuk UGM.
Admin mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web infopmb.com yang setiap saat selalu berkunjung untuk membaca informasi yang ada. Sekian dari admin dan semoga kita bisa meraih kesuksesan semuda mungkin. Amin.  Mari turut berbagi (G+1) atau share (fb) informasi ini pada teman-teman anda lainnya yang membutuhkan informasi ini.