Pendaftaran TPBI 2017/2018

www.spmb.or.id 2017 -- Pendaftaran TPBI Online, Pendaftaran TPBI P-SPMBN, Pendaftaran Tes Penjajakan Bidang Ilmu, Pendaftaran SPMB jalur TPBI, Pendaftaran Tes Tertulis TPBI, Pendaftaran Tes Potensi Bidang Ilmu, Informasi Jadwal dan Cara Pendaftaran TPBI, Tes Penjajakan Bidang Ilmu. 2019. 2020.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran TPBI 2017/2018. Informasi ini ditujukan untuk siswa-siswi kelas XII semester 1 yang ingin mengikuti Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI). Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh suatu organ yang disebut dengan Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara atau yang disingkat P-SPMBN.

P-SPMBN menyelenggarakan 2 jenis seleksi dan 1 jenis tes, yaitu seleksi UMB-PT, seleksi UMB-PTS, dan TPBI.

TPBI atau Tes Penjajakan Bidang Ilmu adalah suatu tes tertulis yang diperuntukkan bagi siswa-siswi kelas XII semester 1 untuk mengetahui tingkat kemampuan, minat dan bakat yang dimilikinya.

Dengan mengetahui tingkat kemampuan, minat dan bakat yang dimilikinya, jika seandainya siswa-siswi tersebut nantinya melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, maka dapat memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan, minat dan bakat yang dimiliki.

Siswa-siswi yang telah mengikuti Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) akan mendapatkan sertifikat TPBI. Sertifikat tersebut dapat berguna sebagai bahan tambahan penilaian jika siswa-siswi mengikuti seleksi jalur undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Untuk bisa mendaftar TPBI, maka harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran TPBI dan juga memahami ketentuan lainnya. Berikut informasi selengkapnya.

Persyaratan Pendaftaran TPBI
  • Siswa-siswi SMA/MA/SMK/MAK kelas 12 Semester 1, tanpa memperhatikan peringkat (ranking) di kelas.

Tata Cara Pendaftaran TPBI
  1. Buka alamat pendaftaran TPBI http://penerimaan.spmb.or.id
  2. Klik Registrasi untuk mengisi data diri anda (anda harus memiliki alamat email yang valid) untuk membuat Account Pendaftaran baru.
  3. Isi kota yang tersedia dengan data diri yang sebenarnya
  4. Setelah registrasi berhasil, Sign In dengan mengisi Kotak E-mail dan Password dengan alamat email dan password yang dimasukkan saat Registrasi (langkah 3)
  5. Isikan kotak E-mail dan Password lalu klik Submit
  6. Klik Uplod Foto
  7. Klik Browse untuk mengambil foto anda dari file (berupa JPG/JPEG), kemudian klik upload
  8. Klik Menu Pilihan Ujian TPBI,
  9. Klik Menu Pilihan Ujian TPBI Pilih Perguruan Tinggi, Kelompok Ujian, klik pernyataan dan simpan. 
  10. Klik Pilih Panitia Lokal Ujian TPBI, Pilih Panitia Lokal Ujian, klik pernyataan dan simpan.
  11. Klik Pilih Area Ujian TPBI 
  12. Klik Bukti Pra Registrasi
  13. Klik Cetak Bukti Daftar
  14. Klik Download Bukti Pra Registrasi
  15. Print Bukti Pre Regsitrasi, NOMOR PRA REGISTRASI digunakan untuk melakukan pembayaran di Bank BNI melalui Teller/ATM BNI/Internet Banking Personal BNI
  16. Setelah melakukan pembayaran, cetak Kartu Ujian TPBI, dengan cara berikut :
    • Klik alamat penerimaan.spmb.or.id kemudian Sign In kembali dengan email dan password Anda 
    • Akan muncul halaman baru dan setelah tampil halaman baru lalu klik TPBI
    • Kemudian tampil laman baru lalu klik Kartu Ujian TPBI

Lokasi Ujian TPBI

Peserta TPBI dapat memilih lokasi ujian pada saat melakukan pendaftaran online. Lokasinya yaitu Di PTN masing-masing dan lokasi lain yang ditetapkan oleh PTN yang bersangkutan. Sebaiknya anda memilih lokasi ujian yang paling dekat dengan tempat tinggal anda agar memudahkan dalam menuju lokasi.

Materi Ujian TPBI

Materi ujian TPBI yang akan diujian kepada siswa-siswi disesuaikan dengan jurusan yang ada di sekolah yaitu jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berikut informasinya.
  • Kemampuan Dasar, terdiri dari : Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA, terdiri dari : Fisika, Kimia, dan Biologi
  • Kemampuan IPS, terdiri dari : Ekonomi, Geografi, Sejarah

Jadwal Pelaksanaan TPBI 2017
  • Pendaftaran dibuka sekitar bulan Oktober hingga November

Biaya Pendaftaran TPBI

Besarnya biaya pendaftaran TPBI tergantung pada kelompok ujian, lokasi ujian, dan pilihan PTN. Admin mengingatkan bahwa ketika anda akan melakukan pembayaran biaya pendaftaran TPBI, maka anda harus berhati-hati karena kesalahan dalam melakukan pembayaran adalah tanggung jawab anda sendiri.

Misalnya anda melakukan pembayaran TPBI dan uang yang anda kirimka tersebut melebihi jumlah yang ditentukan. Maka kelebihan uang tersebut tidak dapat ditarik dengan alasan apapun. Hal ini telah ditegaskan oleh panitia TPBI. Maka dari itu, berhati-hatilah.

Agar anda mengetahui besarnya biaya TPBI yang harus dibayar oleh setiap peserta, maka anda dapat melihat informasinya pada tabel berikut ini.
Kelompok Lokasi Ujian Pilihan PTN Biaya Pendaftaran
IPA/IPS Banda Aceh UNSYIAH Rp. 350.000,-
Lhokseumawe UNIMAL Rp. 300.000,-
Meulaboh UTU Rp. 300.000,-
Langsa UNSAM Rp. 300.000,-
Padang UNAND Rp. 250.000,-
Denpasar UDAYANA Rp. 350.000,-
Medan USU Rp. 500.000,-

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran TPBI. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda dalam rangka persiapan pendaftaran TPBI

Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Caranya cukup dengan klik tombol G+1 yang tersedia atau ajak mereka secara langsung.

Silahkan Baca Juga :

Admin turut mendoakan agar anda bisa memperoleh nilai terbaik dalam Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) dan nantinya nilai tersebut dapat berguna bagi anda. Sekian dari admin dan salam sukses untuk semuanya.