Pendaftaran IAIN Jember 2017/2018

iain-jember.ac.id 2017 -- Pendaftaran IAIN Jember, Pendaftaran Online IAIN Jember, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Jember, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Jember, Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN, Jalur SPA, Jalur UM IAIN Jember, Program Pascasarjana.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Jember 2017/2018. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran calon mahasiswa baru IAIN Jember. Mari ikuti ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

IAIN Jember merupakan salah satu IAIN yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Mataram No. 1 Mangli Jember, Jawa Timur - INDONESIA.

Pada saat ini, IAIN Jember telah memiliki beberapa fakultas dan program studi seperti berikut ini :

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terdiri dari :
  • Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Matematika, Tadris Biologi, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.
Fakultas Syariah terdiri dari :
  • Ahwal As-Syakhsyiyyah (Hukum Keluarga), Hukum Ekonomi Islam (Muamalah), Hukum Pidana Islam (Jinayah), Hukum Tata Negara (Siyasah), Zakat dan Wakaf)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari :
  • Perbankan Syari'ah, Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah
Fakultas Dakwah terdiri dari :
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Manajemen Dakwah
Fakultas Usuluddin, Adab dan Humaniora terdiri dari :
  • Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Ilmu Hadits, Bahasa dan Sastra Arab
Program Studi Jenjang Magister (S2) terdiri dari :
  • Pendidikan Islam Kons. Supervisi Pendidikan, Pendidikan Islam Kons. Pemikiran Pendidikan Islam, Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Program Studi Jenjang Doktor (S3) terdiri dari :
  • Manajemen Pendidikan Islam

Itulah sejumlah program studi yang dapat anda pilih ketika anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru IAIN Jember.

Sekarang anda perlu mengetahui jalur-jalur seleksi apa saja yang dibuka oleh IAIN Jember sebagai jalur seleksi masuk. Berikut informasinya untuk anda.

A. Pendaftaran IAIN Jember Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN. Jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan menyelesaikan sekolah pada tahun ini.

Proses pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswanya ke PDSS SPAN-PTKIN. Setelah direkomendasikan, siswa dapat login ke www.span-ptkin.ac.id. Kemudian siswa mengisi biodata pendaftaran secara lengkap hingga mencetak kartu peserta.

Untuk informasi berupa tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, mekanisme seleksi, daftar PTKIN se-Indonesia, jumlah pilihan program studi dan PTKIN, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran SPAN-PTKIN.

B. Pendaftaran IAIN Jember Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional masuk ke PTKIN se-Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Proses pendaftaran UM-PTKIN  diawali oleh calon peserta yang datang ke Bank untuk membayar biaya pendaftaran. Kemudian akan mendapatkan Username dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran ke www.um-ptkin.ac.id. Lengkapi data pendaftaran anda pada alamat tersebut.

Informasi lebih lanjut seperti biaya pendaftaran, tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan PTKIN dan program studi, daftar PTKIN se-Indonesia, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran UM-PTKIN.

C. Pendaftaran IAIN Jember Jalur SPA

SPA atau Seleksi Prestasi Akademik merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Jember yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa (calon peserta), terutama dilihat dari nilai rapor dan prestasi lain yang relevan.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Pas foto ukuran file maksimal 100 kb, dengan format file jpg, jpeg, png.
  2. Scan Berkas Data Sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah
  3. Scan Raport Kelas XI Semester 1, Kelas XI Semester 2, Kelas XII Semester 1
  4. Scan Berkas Prestasi Akademik (Prestasi Akademik yang terbaik yang pernah dicapai selama jenjang SMA / Sederajat)
  5. Scan tanda tangan Calon Mahasiswa, ukuran file maksimal 100 kb. dengan format file jpg, jpeg, png.
  6. Scan tanda tangan Orangtua Calon Mahasiswa, ukuran file maksimal 100 kb. dengan format file jpg, jpeg, png.
Alur Pendaftaran Online Jalur SPA
  1. Pendaftaran dilakukan melalui alamat http://spa.iain-jember.ac.id
  2. Klik menu "daftar disini" yang terletak pada bagian kanan atas
  3. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran dengan mengisi data berupa nama, NISN, Identitas, email, dan nomor HP.
  4. Setelah mengisi data di atas, calon mahasiswa akan mendapatkan nomor formulir online.
  5. Kemudian melakukan pembayar di Bank BRI dengan menunjukkan nomor formulir online yang telah didapatkan pada saat melakukan pendaftaran online
  6. Setelah membayar di Bank, akan mendapatkan PIN dari Bank.
  7. Login kembali ke alamat http://spa.iain-jember.ac.id/ menggunakan nomor formulir online dan PIN dari Bank
  8. Kemudian melengkapi formulir pendaftaran online sampai dengan mencetak kartu tanda peserta SPA IAIN Jember
Informasi lebih lanjut yang anda butuhkan mengenai seleksi jalur SPA IAIN Jember dapat anda lihat langsung di alamat http://spa.iain-jember.ac.id

D. Pendaftaran Jalur UM IAIN Jember 

UM Jember atau Ujian Masuk IAIN Jember merupakan jalur seleksi masuk ke IAIN Jember yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Jalur ini dapat menjadi alternatif bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, atau SPA di atas. Untuk informasi pendaftaran dapat anda akses melalui alamat http://iain-jember.ac.id

E. Pendaftaran IAIN Jember Program Pacsasarjana

Bagi anda yang ingi melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana, maka IAIN Jember dapat menjadi alternatif pilihan anda.

Alur Pendaftaran
  1. Calon peserta mengakses alamat http://pmbpasca.iain-jember.ac.id kemudian mengisi data pendaftaran awal di alamat tersebut.
  2. Selanjutnya membayar biaya pendaftaran di Bank.
  3. Setelah membayar akan mendapatkan PIN
  4. Gunakan PIN tersebut untuk login pendaftaran ke alamat http://pmbpasca.iain-jember.ac.id
  5. Lengkapi data endaftaran online anda hingga mencetak kartu peserta.

Informasi pendaftaran lebi lanjut dapat anda baca secara langsung melalui alamat http://pmbpasca.iain-jember.ac.id

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran IAIN Jember. Untuk informasi yang belum disampaikan disini maka dapat anda lihat langsung di website resmi IAIN Jember. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka  yang berlaku adalah yang ada di website resmi IAIN Jember tersebut.

Terima kasih admin sampaikan kepada para pengunjung setia web infopmb.com yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasinya disini. Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman-teman lain yang membutuhkan. Cukup sekian dan sampai jumpa kembali.