Pendaftaran IAIN Batusangkar 2017/2018

pmb.iainbatusangkar.ac.id 2017 -- Pendaftaran IAIN Batusangkar, PMB IAIN Batusangkar, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Batusangkar, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Batusangkar, Pendaftaran Kuliah di IAIN Batusangkar, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Batusangkar. 2019.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Batusangkar 2017/2018. Informasi ini utamanya ditujukan bagi anda yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke IAIN Batusangkar. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

IAIN Batusangkar merupakan salah satu IAIN yang ada di Indonesia yang berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 137, Lima Kaum Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia.

Berdasarkan Perpres No. 147 tahun 2015,  tanggal 23 Desember 2015 ada perubahan dari STAIN Batusangkar menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.

Pada saat ini IAIN Batusangkar telah memiliki beberapa fakultas dan jurusan seperti berikut ini :

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • Jur. Pendidikan Agama Islam, Jur. Pendidikan Bahasa Arab, Jur. Pendidikan Guru RA, Jur. Manajemen Pendidikan Islam, Jur. Bimbingan dan Konseling, Jur. Pendidikan Bahasa Inggris, Jur. Pendidikan Matematika, Jur. Pendidikan Biologi, Jur. Pendidikan Fisika, Jur. Pendidikan Kimia
Fakultas Syariah dan Hukum
  • Jur. Hukum Keluarga (Ahwal Alsyakhshiyyah), Jur. Hukum Ekonomi Syariah, Jur. Hukum Tata Negara (Siyasah)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Jur. Perbankan Syari'ah, Jur. Ekonomi Syariah, Jur. Manajemen Informatika (D3), Fak. Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Jur. Ilmu Alqur'an dan Tafsir, Jur. Komunikasi dan Penyiaran Islam
Program Pasca Sarjana
  • Prodi Manajemen Pendidikan Islam (S2), Prodi Pendidikan Agama Islam (S2), Prodi Hukum Ekonomi Syariah (S2), Prodi Ekonomi Syari'ah (S2)

Itulah sejumlah program studi yang ada di IAIN Batusangkar yang dapat anda ketika anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru IAIN Batusangkar.

Anda perlu memahami jalur-jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Batusangkar berikut ini.

1. Pendaftaran IAIN Batusangkar Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan untuk siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Salah satunya yaitu IAIN Batusangkar.

Pendaftaran SPAN-PTKIN diawal oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan Sekolahnya dan siswa-siswinya ke PDSS SPAN-PTKIN. Setelah siswa-siswi didaftarkan oleh Kepala Sekolah, maka dapat melanjutkan pendaftaran dengan login SPAN-PTKIN ke alamat www.span-ptkin.ac.id

Informasi seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, daftar PTKIN, dan informasi penting lainnya dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran IAIN Batusangkar Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN.  Salah satunya yaitu IAIN Batusangkar.

Alur Pendaftaran : Calon peserta yang ingin mendaftar UM-PTKIN terlebih dahulu harus membayar biaya pendaftaran di BNI dan kemudian akan mendapatkan userID dan PIN untuk digunakan login pendaftaran UM-PTKIN ke www.um-ptkin.ac.id

Informasi penting seperti biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, panduan pengisian data, dan lain-lain dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN.

3. Pendaftaran IAIN Batusangkar Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi masuk ke IAIN Batusangkar yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang kelola secara langsung oleh IAIN Batusangkar.

Jalur ini bisa menjadi alternati bagi yang ingin masuk ke IAIN Batusangkar yang munkin sebelumnya telah mendaftar jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN tetapi telah dinyatakan tidak lulus.

Persiapkan diri anda sebaik mungkin untuk menghadapi ujian tertulis jalur mandiri agar harapan anda untuk bisa lulus bisa terkabulkan.

Informasi Alur Pendaftaran
  • Mengisi Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru di pmb.iainbatusangkar.ac.id
  • Lihat Informasi Pembayaran
  • Login Calon Mahasiswa
  • Lihat Informasi Kelulusan

Informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri IAIN Batusangkar dapat anda baca selengkapnya melalui alamat web : pmb.iainbatusangkar.ac.id

4. Pendaftaran Bidikmisi IAIN Batusangkar

IAIN Batusangkar turut membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk dapat melanjutkan pendidikan dengan memberikan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi.

Bidikmisi akan diberikan kepada mahasiswa baru yang layak menerimanya dan dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetntukan oleh panitia seleksi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui laman bidikmisi.iainbatusangkar.ac.id dan menyelesaikan semua tahapan pendaftaran yang diminta dalam sistem pendaftaran.

Calon peserta yang mendaftar Bidikmisi merupakan peserta yang telah lulus jalur seleksi SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, atau jalur mandiri di IAIN Batusangkar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi IAIN Batusangkar silahkan anda baca melalui alamat iainbatusangkar.ac.id dan temukan informasinya disana.

Baca Juga : Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

5. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Batusangkar

IAIN Batusangkar juga melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat kuliah jenjang Pascasarjana, silahkan daftarkan diri anda ke IAIN Batusangkar. Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca di pascasarjana.stainbatusangkar.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi calon mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Batusangkar. Silahkan anda ikuti jalur seleksi yang anda inginkan.

Demikianlah informasi tentang IAIN Batusangkar yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran IAIN Batusangkar. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahaan untuk anda semua.