Pengumuman SBMPTN 2018/2019

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2018 -- Pengumuman Hasil SBMPTN, Hasil CBT/PBT SBMPTN, Pengumuman Kelulusan SBMPTN, Pengumuman Hasil Ujian SBMPTN, Pengumuman Hasil Tes SBMPTN, Pengumuman Online SBMPTN, Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pengumuman SBMPTN 2018/2019. Informasi ini disampaikan untuk peserta SBMPTN yang telah mengikuti ujian jalur SBMPTN. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infopmb.com/

SBMPTN merupakan salah satu jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Seleksi SBMPTN yang dilakukan yaitu seleksi melalui ujian tertulis (CBT atau PBT) untuk semua peserta dan untuk peserta yang memilih program studi bidang Seni atau Keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Setelah mengikuti pelaksanaan ujian CBT atau PBT, serta ujian keterampilan, selanjutnya peserta SBMPTN tinggal menunggu pengumuman hasil tes SBMPTN.

Sambil menunggu pengumuman SBMPTN tiba, anda dapat melakukan beberapa hal seperti membaca informasi yang berkaitan pendaftaran ulang SBMPTN atau pendaftaran jalur mandiri PTN, dan lain-lain yang anda butuhkan.

Dalam menentukan kelulusan peserta jalur SBMPTN, panitia SBMPTN melakukan seleksi dengan didasarkan pada Kriteria Penerimaan jalur SBMPTN seperti berikut ini:
  • Lulus pendidikan menengah
  • Lulus ujian SBMPTN tahun ini
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Apabila anda dapat memenuhi keseluruhan kriteria di atas, maka peluang anda untuk diterima di PTN melalui jalur SBMPTN akan terbuka lebar. Dari keempat kriteria di atas, yang dirasa cukup sulit untuk dipenuhi adalah kriteria yang kedua. Namun perlu diingat bahwa sulit buka berarti tidak bisa. Jika anda berusaha dengan maksimal, maka kesulitan itu akan terkalahkan.

Setelah mengetahui hal di atas dan sebentar lagi pengumuman SBMPTN tiba, maka sekarang anda dapat mempersiapkan beberapa alat-alat yang akan digunakan untuk melihat pengumuman SBMPTN. Alat-alat yang dimaksud yaitu :
  • Siapkan Laptop/Komputer atau boleh juga Handphone canggih.
  • Siapkan Modem dan kuota internet yang memiliki kecepatan bagus

Setelah menyiapkan alat-alat di atas, selanjutnya anda dapat melihat detik-detik pengumuman SBMPTN dari rumah anda sendiri. Atau bagi anda yang tidak memiliki alat-alat di atas, maka bisa melihat pengumuman SBMPTN di warnet atau numpang dengan kawan.

Kini tiba saatnya melihat pengumuman SBMPTN. Pengumuman SBMPTN ini menjadi penentu kelulusan peserta SBMPTN yang beberapa waktu yang lalu telah mengikuti ujian CBT atau PBT, serta ujian keterampilan.

Pengumuman SBMPTN akan diumumkan secara online melalui website resmi pengumuman SBMPTN dan beberapa website resmi PTN yang telah ditunjuk oleh panitia SBMPTN untuk membantu mengumumkan hasil SBMPTN.

Salah satu hal yang menyebabkan perlunya website resmi PTN untuk membantu mengumumkan hasil SBMPTN adalah jika pengumuman SBMPTN hanya diumumkan melalui webste resmi pengumuman SBMPTN saja, maka server pengumuman SBMPTN bisa saja mengalami error karena banyaknya pengguna (peserta SBMPTN) yang mengakses website tersebut secara bersamaan saat pengumuman tiba.

Dengan demikian, maka diperlukan website pembantu untuk mengumumkan hasil SBMPTN. Solusinya yaitu meminta bantuan pada beberapa website PTN untuk mengumuman hasil SBMPTN.

Tidak akan ada perbedaan hasil SBMPTN ketika anda mengecek kelulusan SBMPTN di website resmi pengumuman SBMPTN dan ketika anda mengecek kelulusan SBMPTN di website resmi PTN yang telah ditunjuk oleh panitia. Hasilnya akan sama. Namun anda upayakan terlebih dahulu melihat pengumuman SBMPTN di website resminya.

Bagi anda yang mengalami kebingungan atau bagi yang membutuhkan panduan dalam melihat pengumuman SBMPTN, maka disini admin akan memberikan itu untuk anda. Pahami dengan baik informasinya berikut ini.

Tata Cara Melihat Pengumuman SBMPTN
  • Buka halaman website resmi pengumuman SBMPTN : pengumuman.sbmptn.ac.id
  • Tampilannya kurang lebih seperti berikut ini :
  • Setelah berada pada halaman tersebut, maka dapat mengecek kelulusan SBMPTN dengan mengisi data-data pada kolom yang tersedia. Silahkan isi nomor peserta SBMPTN, tanggal lahir, dan isi juga kode captcha yang terlihat.
  • Selanjutnya klik tombol "cari"
  • Kemudian sistem akan memberikan keterangan tentang kelulusan anda. Silahkan dibaca dengan baik, baca apakah anda dinyatakan lulus SBMPTN atau tidak lulus.

Catatan Penting : pastikan bahwa saat anda mengecek kelulusan SBMPTN, server SBMPTN tidak sedang error. Jika terjadi error, maka nda harus menunggu sampai server kembali normal. Atau anda bisa melihat pengumuman SBMPTN di website PTN yang telah ditunjuk oleh panitia.

Admin mengucapkan selamat bagi anda yang dinyatakan lulus SBMPTN. Jadikan kelulusan ini sebagi titik awal untuk memulai mengembangkan potensi yang anda miliki saat ini. Jangan lupa untuk segera melakukan pendaftaran ulang di PTN penerima. 

Ucapan tetap semangat dan terus berjuang admin ucapkan untuk peserta SBMPTN yang dinyatakan tidak lulus tes. Silahkan coba ikuti jalur seleksi mandiri PTN yang masih dibuka.

Baca Juga : Pengumuman Bidikmisi Jalur SBMPTN

Itulah informasi mengenai Pengumuman SBMPTN yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan memberi pencerahan untuk anda.

Mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca informasi di web infopmb.com ini. Jangan lupa untuk like dan share informasi ini. Demikian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua.