Pendaftaran Anggota TNI AD AL AU 2017-2018

rekrutmen-tni.mil.id 2017 -- Pendaftaran Anggota TNI AD, TNI AL, TNI AU, Pendaftaran TNI Online, Rekrutmen Anggota TNI, Pendaftaran Calon Perwira / Bintara / Tamtama, Pendaftaran AKMIL / AAL / AAU, Penerimaan Anggota TNI, Cara dan Syarat Pendaftaran Anggota TNI, Informasi Penerimaan dan Pendaftaran Anggota Polri, Tentara Nasional Indonesia. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Anggota TNI AD AL AU 2017-2018. Informasi ini disampaikan dengan harapan bisa menjadi gambaran bagi anda yang berminat untuk menjadi anggota TNI, baik TNI AD, TNI AL, ataupun TNI AU. Mari simak informasinya.


TNI atau yang memiliki kepanjangan Tentara Nasional Indonesia adalah angkatan perang yang dimiliki oleh Negara Indonesia yang bertugas menjaga keamanan Indonesia di wilayah darat, laut, dan udara.

Pimpinan tertinggi dari TNI disebut dengan Panglima TNI yang memiliki wewenang untuk memberikan komando operasional militer untuk menggerakkan pasukan atau alat negara.

Jabatan Panglima TNI pertama kali dijabat oleh Jenderal Soedirman, yang pada saat itu bernama Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat atau Panglima TKR. Terpilihnya Jenderal Soedirman sebagai panglima pertama bukan dipilih oleh Presiden Soekarno, tetapi dipilih oleh para anggota TKR sendiri melalui sebuah rapat yang disebut Konferensi TKR yang dilaksanakan pada 12 November 1945.

Seperti kepangkatan pada Polri, pada TNI juga ada yang namanya kepangkatan. Kepangkatan pada TNI adalah susunan sebutan dan keselarasan jenjang pangkat militer dalam TNI yang terdiri dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU mulai dari tingkat yang tertinggi hingga terendah yaitu Perwira, Bintara, dan Tamtama.

Dari keterangan tersebut maka dapat diketahui bahwa terdapat 3 macam angkatan perang yang dimiliki Indonesia yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, serta pangkat tertinggi dari angkatan perang tersebut yaitu Perwira, dan yang paling rendah adalah Tamtama.

Baiklah disini admin akan membahas lebih lanjut mengenai ketiga angkatan perang yang dimiliki oleh Indonesia tersebut. Simak informasinya dengan baik berikut ini.

A. Pendaftaran Anggota TNI AD

TNI AD atau TNI Angkatan Darat atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat adalah tentara nasional yang dimiliki oleh Indonesia yang bertugas menjaga pertahanan dan keamanan negara Republik Indonesia di wilayah darat.

Anggota TNI AD terdiri dari Perwira Prajurit Karier, Bintara TNI AD, dan Tamtama TNI AD. Untuk bisa diterima menjadi bagian dari keanggotaan TNI AD, maka harus dapat melalui proses pendaftaran, proses pengujian / seleksi, dan melihat hasil pengumuman kelulusan.

Selain itu, untuk bisa menjadi anggota TNI AD, khususnya untuk Perwira TNI AD, maka bisa ditempuh dengan mengikuti sekolah pendidikan yang diselenggarakan oleh TNI AD yang dikenal dengan nama Akademi Militer (AKMIL)

Baca selengkapnya : Pendaftaran Anggota TNI AD

B. Pendaftaran Anggota TNI AL

TNI AL atau TNI Angkatan Laut atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut adalah tentara nasional yang dimiliki Indonesia yang bertanggung jawab untuk mempertahankan dan menjaga keamanan di wilayah laut.

Anggota TNI AL terdiri dari Perwira Prajurit Karier, Bintara TNI AL, dan Tamtama TNI AL. Untuk bisa menjadi anggota TNI AL, maka harus melalui proses pendaftaran, proses seleksi, dan pengumuman kelulusan.

Ada suatu lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh TNI AL yang disebut dengan nama Akademi Angkatan Laut atau disingkat AAL yang bertujuan untuk mencetak Perwira TNI AU

Baca selengkapnya : Pendaftaran Anggota TNI AL

C. Pendaftaran Anggota TNI AU

TNI AU atau TNI Angkatan Udara atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara adalah tentara yang dimiliki oleh Indonesia yang bertanggung jawab atas keamanan di wilayah udara.

Anggota TNI AU terdiri dari Perwira Prajurit Karier, Bintara TNI AU, dan Tamtama TNI AU. Bagi anda yang berminat untuk menjadi anggota TNI AU, maka terlebih dahulu harus melalui tahapan proses pendaftaran, proses seleksi / pengujian, dan pengumuman kelulusan.

Bagi yang dinyatakan lulus seleksi pantuhir, maka anda dinyatakan diterima menjadi anggota TNI AU untuk kepangkatan yang anda ikuti.

Selain melalui tahapan-tahapan penerimaan anggota TNI AU di atas, penerimaan calon anggota TNI AU khususnya untuk Perwira TNI AU juga dapat ditempuh melalui sekolah pendidikan yang diselenggarakan oleh TNI AU yang dikenal dengan nama Akademi Angkatan Udara (AAU).

Baca selengkapnya : Pendaftaran Anggota TNI AU

Sekolah Pendidikan yang diselenggarakan oleh TNI AD, TNI AL, dan TNI AU yaitu AKMIL, AAL, dan AAU merupakan sekolah kedinasan yang ikatan dinas dimana biaya pendidikan di tanggung oleh Negara / lembaga penyelenggara dan setelah lulus dapat langsung di angkat menjadi PNS TNI.

Baca selengkapnya : Pendaftaran Taruna/i Akademi TNI (AKMIL, AAL, AAU)

Dari keterangan di atas, mungkin dapat memberikan gambaran bagi anda yang berminat untuk menjadi anggota TNI, baik TNI AD, TNI AL, ataupun TNI AU.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran calon anggota TNI, maka akan admin berikan pada bahasan berikutnya. Ikuti terus update informasinya disini.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Anggota TNI AD AL AU. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk para pembaca setia web infopmb.com khusunya yang ingin menjadi anggota TNI.

Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan, caranya cukup tekan tombol G+1 yang tersedia lalu piliah teman anda. *gratis. Cukup sekian info dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin. Amin.